sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Zita anggap anggota DPRD DKI suspect corona hanya isu

Salah satu alasannya, tak disampaikan otoritas berwenang.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Selasa, 17 Mar 2020 05:26 WIB
Zita anggap anggota DPRD DKI <i>suspect</i> corona hanya isu
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 26940
Dirawat 17662
Meninggal 1641
Sembuh 7637

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, menganggap, adanya anggota dewan yang diduga (suspect) terinfeksi coronavirus anyar (Covid-19) hanya sebatas isu. Sebab, keterangan tak disampaikan otoritas berwenang.

"Soal ada yang suspect, kan, itu mesti ada tes yang terukur. Kita tidak bisa asal bicara," ucapnya di Jakarta, Senin (16/3),

Sehingga, mesti melalui serangkaian tes dulu untuk membuktikannya. "Masalah kebenarannya, kita tunggu pemeriksaannya. Tergantung kesediaan yang bersangkutan dan keluarga," tuturnya.

Dirinya lalu mengimbau warga mempercayai segala sumber resmi. "Yang seliweran, belum tentu jelas. Malah bikin panik," kata politikus Partai Amanat Nasioanl (PAN) ini.

Sebelumnya, Anggota Komisi Fraksi Gerindra, Iman Satria, mengungkapkan, seorang rekannya suspect Covid-19. Lantaran anggota keluarganya positif tertular. 

Yang bersangkutan–selanjutnya disebut X guna melindungi hak privasi bersangkutan–kini tengah menjalani observasi. Berlangsung sejak Sabtu (14/3).

Isolasi Diri
Gayung bersambut, kata berjawab. Anggota dan staf Fraksi Partai Gerindra DPRD Jakarta telah diminta mengikuti protokol kesehatan guna menimalisasi penularan Coronavirus anyar (Covid-19). Menyusul adanya kabar tersebut.

"Kita diminta self isolated. Kalau merasa tidak enak badan, segera lakukan test corona," ujar Anggota Fraksi Gerindra DPRD Jakarta, Prabowo Soenirman, saat dihubungi Alinea.id, terpisah.

Sponsored

Imbauan tersebut dikeluarkan pimpinan fraksi. Dikhususkan kepada pihak-pihak yang kontak langsung dengan X. "Tes corona disarankan di RSPI (Rumah Sakit Penyakit Infeksi) Sulianti Saroso," ucap dia.

Kendati begitu, Prabowo mengaku, dirinya sementara beraktivitas di rumah. Sesuai anjuran pemerintah: Keluar dari tempat tinggal kala ada kegiatan urgen.

"Saya enggak isolasi diri ataupun test corona. Karena badan, alhamdulillah, saya sehat-sehat aja. Enggak ada kontak langsung juga (dengan X)," kata Anggota Komisi C DPRD Jakarta ini.

Sementara, beberapa anggota dewan memilih mengisolasi diri. Pun membatalkan segala agenda rapat pada Senin. Pangkalnya, pernah kontak langsung dengan X, pekan lalu.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Jakarta, Gilbert Simanjuntak. X diduga tertular usai kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Baru, Jambi dan menghadiri undangan pernikahan Anggota Fraksi NasDem DPRD Jakarta, Jupiter, di Pekanbaru, Riau.

Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini.

Berita Lainnya