sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Zona merah, sejumlah ruas jalan Kota Bandung ditutup 2 pekan

Pemkot Bandung pun menerapkan terapkan jam malam. Operasional maksimal hingga pukul 20.00 WIB.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 04 Des 2020 14:02 WIB
Zona merah, sejumlah ruas jalan Kota Bandung ditutup 2 pekan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat (Jabar), menutup sejumlah ruas jalan selama 14 hari menyusul diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional. Jalan Dipatiukur, misalnya, ditutup sejak Kamis (3/12), pukul 18.00 WIB dan kembali dibuka pukul 06.00 WIB.

Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Yana Mulyana, menyatakan, langkah ini dilakukan untuk meminimalisasi potensi kerumunan. Pangkalnya, "Kota Kembang" berstatus zona merah atau berisiko tinggi penularan SARS-CoV-2.

"Kalau kita tidak datang, mereka melebihi jam operasional, dan kapasitas pembelinya sudah melebihi, dan banyak yang tidak melaksanakan protokol kesehatan. Juga di sini berdagang sudah di bahu jalan yang bukan peruntukannya," ucapnya saat mendatangi lokasi, semalam.

Selain penutupan jalan, Pemkot Bandung pun menerapkan pembatasan jam operasional menjadi pukul 20.00 WIB. Maksimal pengunjung 30% dari total kapasitas.

"Tindakan tegas ini diambil demi menekan resiko penyebaran Covid-19 di Kota Bandung," jelas Yana, melansir situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Penertiban akan berlangsung di beberapa titik yang terpantau melanggar aturan dan diketahui menjadi potensi penyebaran Covid-19 lantaran terjadi kerumunan dan minim penerapan protokol kesehatan.

"Sejumlah PKL (pedagang kaki lima) di Jalan Dipatiukur yang berjualan hingga masuk ke badan jalan. Ini jelas sudah melanggar Perda (Peraturan Daerah) Kota Bandung Nomor 9 Tahun 2019 tentang Ketertiban Umum, Ketentraman, dan Perlindungan Masyarakat (Tibum Tralinmas). Bahkan, sudah seringkali dikeluhkan oleh warga lantaran berdampak pada kemacetan lalu lintas," tuturnya.

Hingga kini, terang Yana, Gugus Tugas Covid-19 lebih memprioritaskan kesehatan masyarakat pandemi ini. Karenanya, berbagai pelanggaran bakal ditindak.

Sponsored

"Tidak (boleh) ada yang jualan di bahu jalan. Kalau masih, ada itu diangkut," tegas Wakil Wali Kota Bandung tersebut.

Berita Lainnya