sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Anies Baswedan kick off pembangunan stadion Rp4,5 triliun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan tendangan perdana (kick off) sebagai penanda dimulainya pembangunan stadion senilai Rp4,5 T.

Sukirno
Sukirno Kamis, 14 Mar 2019 21:42 WIB
Anies Baswedan kick off pembangunan stadion Rp4,5 triliun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan tendangan perdana (kick off) sebagai penanda dimulainya pembangunan Jakarta International Stadium.

Menurut dia, kick off yang sekaligus sebagai groundbreaking itu merupakan cara dia menunaikan janji kampanyenya saat Pilgub.

"Hari ini adalah hari bersejarah yang membahagiakan dan membanggakan bagi kita semua. Hari ini Jakarta memulai babak baru karena di tempat ini akan didirikan Jakarta International Stadium menjadi stadion sepak bola kelas dunia yang pertama kali di Indonesia," kata Anies di Kawasan Sarana Rekreasi Olah raga (SRO) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/3).

Dia menjelaskan bahwa dalam waktu sekitar dua tahun setengah akan menyaksikan sebuah stadion yang selama ini menjadi cita-cita dan mimpi menjadi kenyataan.

"Kita harus bisa menunjukkan bahwa penggunanya pun memiliki adab internasional (dan) tata cara yang kelas dunia. Perjalanan menuju pembangunan ini panjang dan berliku, saya apresiasi semua pihak yang telah terlibat di dalam proses pembangunan stadion ini,” kata Anies.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menindaklanjuti komitmen dalam mengembangkan Kawasan Olah raga Terpadu berkelas dunia.

"Mengapa kita meneruskan pembangunan di lokasi ini karena nanti ada stasiun MRT yang lokasinya persis di sebelah utara kita dan akan ada pembesaran di stasiun kereta api," kata Gubernur.

Kedudukan Jakarta International Stadium berada pada lokasi yang sangat strategis di wilayah Utara Jakarta yang dapat dicapai dengan menggunakan moda transportasi umum, seperti Commuterline, Transjakarta, LRT, MRT.

Sponsored

Selain itu, lokasi stadion ini juga dilalui jalan tol dalam kota dan lingkar luar sehingga menambah nilai strategis kawasan.

Dengan terbangunnya stadion ini, Pemprov DKI Jakarta akan memiliki tiga fasilitas olahraga berstandar internasional, yaitu Jakarta International Velodrome, Jakarta International Equistrian Park dan Jakarta Internatonal Stadium.

Jakpro akan membangun stadion dengan anggaran senilai Rp4,5 triliun. Pembangunan akan dilakukan pada 2019-2021. Stadion berstandar internasional itu akan berdiri di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dan dapat menampung 82.000 penonton. (Ant).