logo alinea.id logo alinea.id

Balap mobil Formula E 2020 digelar di area Monas Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan balapan mobil Formula E tahun 2020 digelar di area Monas pada 6 Juni 2020.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 20 Sep 2019 17:59 WIB
Balap mobil Formula E 2020 digelar di area Monas Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan balapan mobil Formula E tahun 2020 digelar di area Monas pada 6 Juni 2020.

Kepastian itu diumumkan oleh Anies dalam konferensi pers yang digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Dalam konferensi pers tersebut, turut hadir Co-Founder Formula E Alberto Longo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa, dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto.

"Pada tanggal 6 Juni 2020 Jakarta akan menjadi tuan rumah dan itu adalah hari Sabtu," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9). 

Lintasan yang akan digunakan untuk kegiatan balap mobil listrik internasional ini berlokasi Monas. Sementara, untuk detail lintasannya masih belum dituntaskan.

"Nanti kami akan umumkan kemudian. Tapi yang jelas kami akan selenggarakan di kawasan Monas ini," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Anies mengatakan, penyelenggarakan Formula E dan menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah bertujuan untuk mengirimkan pesan kepada semua pihak bahwa masa depan transportasi adalah yang bebas emisi dan Jakarta sebagai kota terbesar di belahan selatan dunia.

"Kami berharap bisa mendorong lebih kuat lagi lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan kendaraan berbasis energi yang sustainable termasuk dalam hal ini adalah berbasis listrik," katanya.

Selain itu, Anies berharap Jakarta masuk dalam orbit kota-kota besar yang modern di dunia ini. "Kami berharap persiapan delapan bulan ke depan bisa menyelenggarakan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sponsored

Dalam penyelenggaraannya, Pemprov DKI Jakarta telah menunjuk PT Jakarta Propertindo untuk menjadi pelaksana dari kegiatan ini.

Harapannya, lanjut Anies, kegiatan ini bisa menggerakkan perekonomian di Jakarta. Apalagi kegiatan ini bukan sekadar kegiatan olahraga saja, tapi justru menjadi kegiatan sport tourism berbasis dunia. 

"Ini merupakan salah satu pariwisata yang paling atraktif dan harapannya akan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat di Jakarta lintas sektor," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies memerkirakan perputaran uang dalam kegiatan itu mencapai 78 juta euro, setara Rp1,2 triliun. Jakpro sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), akan menggarap infrastruktur persiapan dengan biaya Rp305,2 miliar.

Formula E merupakan kompetisi paling elite balap mobil berbasis listrik. Lomba ini memerlukan lintasan 3 kilometer yang akan menggunakan jalan raya. Digagas pada 2012, Formula E pertama kali digelar di Beijing, China pada September 2014. Kejuaraan ini telah menjadi kalender resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA).