sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Balik ke MU, Ronaldo geser Fernandes ditendangan penalti?

Walaupun tidak segemilang Ronaldo di kancah persepakbolaan internasional, prestasi penalti Fernandes tidak dapat dianggap enteng pula.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Kamis, 09 Sep 2021 22:41 WIB
Balik ke MU, Ronaldo geser Fernandes ditendangan penalti?

Menyusul kembalinya Cristiano Ronaldo ke skuat Manchester United pada akhir Agustus, sejumlah pertanyaan masih tersisa di benak para fans The Red Devils. Salah satunya: Apakah Ronaldo, yang pernah membela skuat yang kini diasuh Ole Gunnar Solskjær ini, akan menggeser posisi Bruno Fernandes dalam melakukan penalti dan free kick?

“Akan ada perubahan. Bruno (Fernandes) melakukan penalti tidak akan terjadi. Dalam sepak bola terdapat hierarki di setiap klub, itulah yang Anda ketahui sebagai seorang pemain sepak bola. Ketika seseorang seperti Ronaldo datang, ketika seseorang adalah kapten timnas Anda, seseorang yang adalah salah satu yang terbaik dalam sejarah persepakbolaan,” ujar Dimitar Berbatov, mantan penyerang MU asal Bulgaria kepada Metro.co.uk, Kamis (9/9).

Berbatov diketahui sempat berbagi lapangan dengan Ronaldo selama setahun antara 2008-2009 di bawah pengasuhan Sir Alex Ferguson.

“Anda akan menghormatinya dan suka atau tidak, dia akan mengambil posisi penalti dan melakukan free kicks, kecuali mereka berbicara (untuk peran yang lain). Di umur 25 tahun, Anda melihat sepak bola dengan cara yang berbeda (dari saat ini). Di umur 36 tahun, Anda melihatnya dengan cara yang lain. Jadi mereka akan membicarakannya dan menemukan solusinya,” tambah Berbatov lagi.

Walaupun tidak segemilang Ronaldo di kancah persepakbolaan internasional, prestasi penalti Fernandes tidak dapat dianggap enteng pula. Sejak bergabung dengan skuat pimpinan Harry Maguire itu pada 2020, Fernandes telah dipercayakan mengeksekusi tendangan penalti dan free kicks. Dengan 42 tendangan penalti berhasil dan 3 tendangan gagal, sang gelandang penyerang asal Portugal memiliki tingkat kesuksesan penalti sebesar 93,33%.

“Namun, pengaruhnya (di Liga Premier Inggris) tidak diulangi pada tingkat internasional, dengan Fernandes diberikan hanya peran kecil untuk (timnas) Portugal pada Euro 2020 setelah mereka tersingkar di babak 16 besar,” tulis iNews.co.uk.

Ronaldo sendiri diketahui telah mencetak 139 penalti berhasil dan 28 penalti gagal selama karirnya, dengan tingkat keberhasilan 83,23% tendangan penalti. Namun, kedua gol cetakan CR7-lah yang disanjung sebagai penyelamat Os Navegadores dalam laga melawan timnas Republik Irlandia dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Algarve, Faro, Portugal pada Rabu (1/9). Portugal tercatat menang 2-1 melawan Republik Irlandia dalam laga tersebut. Kemenangan itu pula yang mengamankan posisi Portugal di peringkat teratas Grup A kualifikasi UEFA (Eropa) Piala Dunia 2022, meskipun sempat menderita kekalahan 0-3 di tangan timnas Azerbaijan pada Selasa (7/9).

“Saya sangat menyukai free kicks. Untuk saya pribadi, free kicks adalah sesuatu yang saya pelajari dan ingin saya hargai dengan mencetak skor. Saya lebih memilih free kicks ketimbang penalti,” ujar Fernandes pada BBC Sport, Kamis (9/9).

Sponsored

Terakhir, Fernandes mengomentari kedatangan kembali rekan setanah airnya di MU.

“Apa yang Cristiano telah lakukan dalam sepak bola selama 15 tahun terakhir adalah sesuatu yang luar biasa, hal-hal yang hanya dia dan Lionel Messi yang dapat meraihnya,” tukas Fernandes.

Kabar pasti mengenai siapa yang akan mengambil posisi penembak penalti dan free kicks MU adalah sesuatu yang sangat layak dinantikan fans The Red Devils beberapa waktu ke depan.

 

Sumber: Metro.co.uk, Express.co.uk, Transfermarkt, dan iNews.co.uk

Berita Lainnya