sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Klasmen Formula One: Verstappen-Hamilton tetap di posisi teratas

Verstappen yang asal Belanda dan Hamilton yang asal Inggris memegang masing-masing 226,5 poin dan 221,5 poin.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Senin, 13 Sep 2021 15:55 WIB
Klasmen Formula One: Verstappen-Hamilton tetap di posisi teratas

Insiden tabrakan Max Verstappen dan Lewis Hamilton dalam F1 GP Italia 2021 yang dihelat di Autodromo Nazionale Monza pada Minggu (12/9), rupanya tidak berpengaruh atas klasemen peringkat mereka. Hingga Senin (13/9), Verstappen yang memotori tim Red Bull Racing Honda dan Hamilton yang memotori tim Mercedes masih menjaga posisi mereka di peringkat pertama dan kedua sedunia.

Verstappen yang asal Belanda dan Hamilton yang asal Inggris memegang masing-masing 226,5 poin dan 221,5 poin. Verstappen dijatuhi hukuman drop tiga grid untuk start pada gelaran balapan selanjutnya di Rusia. Kendati tidak sepenuhnya setuju dengan hukuman yang dijatuhkan terhadap dirinya, Verstappen menyatakan, akan legowo menerima keputusan tersebut.

“Saya mencoba untuk melakukan balapan dengan semaksimal dan seadil mungkin di sana (sirkuit). Saya tidak sepenuhnya setuju dengan hukuman itu karena saya yakin itu (tabrakan tersebut) adalah sebuah musibah balapan. Apa yang terjadi hari ini sangat malang, tetapi kami adalah pebalap profesional dan kami akan melepaskannya,” komentar Verstappen mengenai insiden tabrakannya dengan Hamilton seperti dilaporkan oleh Associated Press.

Di posisi ketiga, diikuti oleh Valtteri Bottas. Sang pebalap asal Finlandia yang telah memotori tim Mercedes sejak 2017 memegang 141 poin, sejauh 80,5 poin di bawah Hamilton di posisi kedua. Pada gelaran di Italia pada Minggu lalu, Bottas menyelesaikan balapan di posisi ketiga dengan lebih waktu 4,921 detik dan perolehan 15 poin.

Posisi keempat diduduki oleh Lando Norris, pebalap asal Inggris yang telah memotori tim McLaren Mercedes sejak 2019 dan memegang total 132 poin. Norris berhasil menyelesaikan balapan di posisi kedua pada Minggu kemarin, dengan lebih waktu 1,747 detik dan perolehan 18 poin.

Di posisi kelima, ia disusul oleh Sergio Perez, satu-satunya pebalap F1 dari luar Eropa yang berhasil duduk di peringkat lima teratas dunia. Perez yang asal Meksiko memegang total 118 poin. Ia diketahui memulai debutnya bersama timnya sekarang di Red Bull Racing Honda pada gelaran F1 GP Bahrain 2021 yang dihelat pada 28 Maret lalu. Dalam gelaran di Italia pada Minggu lalu, Perez menyelesaikan balapan di posisi kelima dengan lebih waktu 8,723 detik dan perolehan 10 poin.

Posisi keenam diduduki oleh Charles Leclerc, pebalap asal Monako dan pemotor tim Ferrari dengan peringkat tertinggi. Ia tercatat memegang sebanyak total 104 poin. Leclerc yang sudah bergabung dengan tim Ferrari sejak 2019 berhasil menyelesaikan balapan Italia pada Minggu, di posisi keempat dengan lebih waktu 7,309 detik dan perolehan 12 poin. Di posisi kedelapan diduduki oleh Carlos Sainz, pebalap Ferrari asal Spanyol dengan total 97,5 poin. Minggu lalu, Sainz berhasil menyelesaikan balapan dengan lebih waktu 10,535 detik dan perolehan 8 poin.

Peringkat kedelapan diduduki oleh sang juara F1 GP Italia 2021 kemarin, yakni pebalap McLaren Mercedes asal Australia Daniel Ricciardo. Ricciardo tercatat memegang 83 poin, berhasil menyelesaikan balapan dalam waktu tercepat 1 jam 21 menit 54,365 detik. Selain itu, Ricciardo juga memperoleh 26 poin dari balapan Italia pada Minggu lalu.

Sponsored

 “Tepat waktu. Oh wow,” komentar Ricciardo seperti dilaporkan Associated Press. “Bahkan jika kita dapat bagian memulai balapan, tidak ada jaminan kita akan terus memimpin selama balapan. Kecepatan kita tidak luar biasa tetapi cukup untuk terus mendahului Max (Verstappen),” kata dia lagi.

 “Memimpin dari awal hingga akhir, saya pikir tidak ada seorangpun yang membayangkannya. Tetapi ada sesuatu dalam diri saya pada Jumat (lalu), saya tahu sesuatu yang baik akan datang,” tambah Ricciardo lagi.

Dua orang Prancis dan satu orang Spanyol tercatat menyusul Ricciardo pada peringkat kesembilan, ke-10, dan ke-11. Pierre Gasly dari Prancis yang mewakili Alphatauri Honda memegang 66 poin di posisi kesembilan. Gasly tercatat tidak mampu menyelesaikan balapan di Italia pada Minggu lalu, menyelesaikan hanya 3 lap dari total 53 lap.

Di bawahnya ada Fernando Alonso asal Spanyol yang berbalap bersama Alpine Renault dengan total 50 poin. Alonso menyelesaikan balapan Italia-nya pada Minggu lalu di posisi kedelapan dengan lebih waktu 17,201 detik dan perolehan empat poin. Sedangkan di posisi ke-11 diduduki Esteban Ocon, pebalap Alpine Renault berkebangsaan Prancis yang memegang total 45 poin. Ocon menyelesaikan balapan dua posisi setelah Alonso, yakni di posisi ke-10 dengan lebih waktu 20,868 detik dan perolehan hanya satu poin.

Posisi ke-12 diduduki oleh bintang balapan berkebangsaan Jerman Sebastian Vettel. Vettel yang telah berbalap bersama tim Aston Martin Mercedes sejak 28 Maret lalu di Bahrain memegang total 35 poin. Ia tercatat menyelesaikan balapan di posisi ke-12 dengan lebih waktu 24,621 detik tanpa memperoleh poin apapun. Posisi ke-13 dan ke-14 ditempati oleh dua pebalap asal luar Eropa, yakni Lance Stroll dari Kanada dan Yuki Tsunoda dari Jepang. Stroll yang berbalap bersama tim Aston Martin Mercedes memegang total 24 poin, sedangkan Tsunoda yang berbalap bersama Alphatauri Honda memegang total 18 poin. Pada balapan Italia pada Minggu lalu, Stroll berhasil menyelesaikan balapan dengan lebih waktu 15,804 detik dan memperoleh enam poin. Sementara Tsunoda tidak berhasil menyelesaikan satu lap pun dan tercatat di peringkat paling bawah hasil balapan tersebut.

George Russell dari Inggris, Nicholas Latifi dari Kanada, Kimi Räikkönen dari Finlandia memegang masing-masing 15, 7, dan 2 poin di posisi ke-15, ke-16, dan ke-17. Russell dengan tim Williams Mercedes berhasil menyelesaikan balapan di posisi kesembilan dengan lebih waktu 19,742 detik dan perolehan 2 poin. Latifi dengan tim Williams Mercedes berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-11 dengan lebih waktu 23,743 detik tanpa memperoleh poin apapun. Sedangkan Räikkönen yang berbalap dengan tim Alfa Romeo Racing Ferrari tercatat tidak ikut berpartisipasi dalam balapan Italia pada Minggu lalu.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di situs web-nya, Federasi Otomotif Internasional (FIA) sebagai penyelenggara Formula One pada Sabtu (4/9) mengonfirmasikan bahwa Räikkönen telah positif tertular Covid-19.

“FIA, Formula 1, dan Alfa Romeo Racing ORLEN dapat mengonfirmasi pada hari ini bahwa dalam tes PCR onsite untuk Formula 1 2021 Grand Prix Belanda, Kimi Räikkönen telah dies positif untuk Covid-19. Selaras dengan protokol Covid-19, ia tidak akan ikut ambil bagian dalam balapan ini. Semua kontak telah dinyatakan. Prosedur yang diberlakukan oleh FIA dan Formula 1 tidak akan memiliki implikasi yang lebih luas pada Grand Prix Belanda,” terang FIA.

Posisi ke-18 diduduki oleh Antonio Giovinazzi, pebalap Alfa Romeo Racing Ferrari sekaligus satu-satunya wakil negara tuan rumah balapan Minggu kemarin dalam peringkat ini. Giovinazzi tercatat memegang total 1 poin. Ia menyelesaikan balapan Minggu lalu di posisi ke-13 dengan lebih waktu 27,216 detik tanpa memperoleh poin apapun.

Posisi ke-19 diduduki oleh Mick Schumacher, pebalap asal Jerman dan pemotor tim Haas Ferrari tanpa poin sama sekali. Putra dari legenda balapan F1 Jerman Michael Schumacher ini tercatat sebagai pebalap terakhir yang berhasil menyelesaikan balapan dengan lebih waktu 51,088 detik tanpa perolehan poin sama sekali. Dua posisi terbawah diisi oleh Robert Kubica dari tim Alfa Romeo Racing Ferrari dan Nikita Mazepin dari tim Haas Ferrari. Keduanya sama-sama belum memegang poin sama sekali. Kubica yang asal Polandia dilaporkan oleh ESPN sebagai pengganti dari Kimi Räikkönen dalam gelaran F1 GP Belanda 2021 pada Minggu (5/9) lalu dan gelaran F1 GP Italia 2021 pada Minggu (12/9) lalu. Ia berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-14 dengan lebih waktu 29,769 detik tanpa perolehan poin sama sekali.

Posisi Kubica di peringkat ke-20 diikuti oleh sang penjaga pintu Nikita Mazepin di posisi ke-21. Mazepin yang perdana berbalap bersama Haas Ferrari pada tahun ini merupakan pebalap yang mampu menyelesaikan lap terbanyak tanpa menyelesaikan balapan pada gelaran Italia Minggu lalu. Faktor tersebut menempatkan Mazepin satu peringkat di bawah Mick Schumacher pada gelaran Monza tersebut. Mazepin merupakan pebalap asal Rusia, negara yang dijadwalkan akan menjadi tuan rumah gelaran F1 GP musim 2021 berikutnya di Autodrom Sochi pada Minggu (26/9) mendatang.

 

Sumber: Associated Press/Formula1.com/FIA.com/ESPN

Berita Lainnya