sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IOC: Membatalkan Olimpiade bukanlah sebuah pilihan

IOC tidak akan pernah meninggalkan para atlet, dan dengan pembatalan itu, kami akan kehilangan seluruh generasi atlet.

Eqqi Syahputra
Eqqi Syahputra Rabu, 14 Jul 2021 10:35 WIB
IOC: Membatalkan Olimpiade bukanlah sebuah pilihan

Kepala Komite Olimpiade Internasional mengatakan pada Selasa (13/7) bahwa membatalkan Olimpiade Tokyo bukanlah suatu pilihan, meskipun ada pandemi coronavirus, dan melanjutkan pertandingan musim panas ini diputuskan demi kepentingan para atlet yang mempersiapkan pertandingan ini selama bertahun-tahun.

Sementara Tokyo berada dalam keadaan darurat lagi karena melonjaknya infeksi, Thomas Bach mengatakan kepada Kyodo News dalam sebuah wawancara online bahwa dia tidak akan berspekulasi tentang apa yang bisa terjadi jika situasi Covid-19 memburuk secara drastis selama Olimpiade, yang akan berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus.

"Kami, IOC, tidak akan pernah meninggalkan para atlet, dan dengan pembatalan itu, kami akan kehilangan seluruh generasi atlet. Jadi, pembatalan bagi kami sebenarnya bukan pilihan," kata Bach saat merujuk keputusan pada Maret lalu. tahun lalu untuk menunda permainan karena krisis kesehatan global.

Bach mengatakan, membatalkan Olimpiade dan menerima uang dari asuransinya adalah cara termudah pada saat itu, tetapi IOC tidak memilih jalan itu dan menginvestasikan lebih banyak untuk membuat pertandingan itu tetap terjadi.

Tanpa mengungkapkan secara spesifik, Presiden IOC mengatakan bahwa upacara pembukaan di Stadion Nasional akan sangat emosional karena ini akan menjadi pertama kalinya sejak pandemi bahwa masyarakat luas akan melihat seluruh dunia dalam satu kesatuan.

Dia mengatakan, hal itu akan mengirim pesan persatuan dan solidaritas yang kuat selama masa-masa sulit ini dari Jepang ke seluruh dunia.

Pria berusia 67 tahun itu juga mengatakan, telah mendukung keputusan pekan lalu untuk melarang penonton dari hampir semua tempat Olimpiade dengan berat hati, karena prinsip utama mereka adalah keselamatan dan keamanan untuk semua orang dan prinsip organisasinya adalah untuk mendukung apa yang yang dianggap tepat oleh otoritas Jepang.

IOC juga menekankan bahwa langkah-langkah anti-Covid yang ketat, seperti pengujian Covid-19 reguler, telah diberlakukan dan atlet dari luar negeri akan dipisahkan dari publik Jepang, ia mengatakan orang-orang di Jepang tidak perlu takut dengan kemungkinan Olimpiade membahayakan kesehatan mereka.

Sponsored

Namun, dukungan publik untuk Olimpiade tetap rendah di negara itu, di mana banyak orang khawatir bahwa pertandingan tersebut dapat memicu lonjakan infeksi lebih lanjut yang didorong oleh varian delta yang lebih menular.

"Kami akan menyukai semua penggemar olahraga di dunia, stadion penuh dan kami ingin para atlet memiliki semua dorongan yang hanya dapat ditawarkan oleh penonton langsung," katanya.

"Sayangnya mereka terbiasa mengadakan kompetisi tanpa penonton. Namun demikian, Anda bisa melihat selama tahun ini penampilan luar biasa di banyak cabang olahraga," katanya, seraya menambahkan bahwa mereka telah menjadi Olympian karena mereka mampu mengatasi keadaan yang berbeda.

Dia mengatakan berencana untuk mengunjungi Kota Sapporo dan Fukushima, di mana beberapa tempat Olimpiade berada, selain mengunjungi Hiroshima pada Jumat, untuk menunjukkan komitmen IOC terhadap perdamaian.

Bach dijadwalkan mengunjungi Sapporo pada 7 Agustus ketika maraton putri akan diadakan, sementara dia menekankan pentingnya melakukan perjalanan ke Fukushima di timur laut, di mana pertandingan softball dijadwalkan berlangsung pada 21-22 Juli, menjelang pembukaan resmi Olimpiade.

Olimpiade Tokyo telah dijuluki sebagai "Olimpiade Rekonstruksi" oleh penyelenggara Jepang dalam upaya untuk menunjukkan pemulihan wilayah timur laut yang dilanda gempa bumi besar, tsunami dan bencana nuklir 10 tahun lalu.

"Bagi kami, seperti juga orang Jepang, ini adalah pesan yang sangat penting bahwa ada acara Olimpiade yang diadakan di Fukushima dan menunjukkan regenerasi kota dan kawasan," katanya.

Sumber : Japan Today

Berita Lainnya