sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lepas kontingen PON DKI, Anies targetkan juara umum

Jakarta berhasil menjadi juara umum PON sebanyak 11 kali.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 15 Sep 2021 15:24 WIB
Lepas kontingen PON DKI, Anies targetkan juara umum

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menargetkan kembali mengggondol juara umum dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Target itu disampaikan saat melepas secara simbolis keberangkatan kontingen Jakarta ke ajang PON XX Papua, yang akan berlangsung 2-15 Oktober.

Anies mengatakan, semangat merebut kembali juara umum harus dibawa kontingen Jakarta. Pada PON XIX Jabar 2016, terangnya, tim Ibu Kota hanya meraih peringkat ketiga dari perolehan jumlah medali, sementara kompetisi sebelumnya di Riau, meraih juara umum.

"Kalau melihat statistiknya, perolehan DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya kita biasa berada di papan atas. Hanya 2016 kita belum juara umum bahkan pada 2012, kita mampu meraihnya. Insyaallah, pada PON kali ini kita berhasil kembali sebagai juara umum," katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu (15/9).

Optimisme Anies didasarkan pada data. Dari 20 kali PON, Jakarta 11 kali mampu raih juara umum. "Insyaallah, habis ini 12 kali juara umum." 

Kontingen DKI Jakarta yang dilepas terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial. Total kontingen yang berangkat mencapai 1.350 orang, sedangkan atlet yang akan mengikuti 37 cabang sebanyak 735 orang. 

Anies menyebut, persiapan atlet Jakarta telah matang baik fisik maupun mental. Karena itu, amat besar harapan disematkan kepada para atlet agar kembali meraih kejayaan.

"Izinkan saya menyampaikan, bahwa ini bukan sekadar harapan dari pemerintah, tapi harapan kebanggaan dari seluruh warga Jakarta. Tolong titipkan di pundak Anda terkait harapan itu." jelasnya, melansir situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta. 

Setiap kali atlet masuk ke laga pertandingan, dia meminta nama Jakarta disematkan di pundak. Tak lupa meminta semua pihak melakukan yang terbaik, bekerja sepenuh hati, sepenuh tenaga, menjaga sportivitas, dan menjadi teladan bagi dunia olahraga.

Sponsored

Segala kebiasaan hidup disiplin, menurutnya, harus dipertahankan. Ini bakal berpengaruh terhadap konsentrasi dan fokus dalam setiap pertandingan. Anies juga berharap para atlet bisa mengurangi komunikasi ataupun aktivitas yang bisa mengganggu dan konsentrasi pada laga.

Berita Lainnya