sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Piala AFF 2022: Juara bertahan Thailand puncaki Grup A

Teerasil Dangda membuka skor lebih awal di menit ke-2 dengan sundulan brilian.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Senin, 26 Des 2022 22:23 WIB
Piala AFF 2022: Juara bertahan Thailand puncaki Grup A

Juara bertahan Thailand mempertahankan performa sempurna di AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 saat mengalahkan Filipina 4-0 di Grup A di Stadion Thammasat, Senin (26/12).

Teerasil Dangda membuka skor lebih awal di menit ke-2 dengan sundulan brilian menyambut tendangan bebas Theerathon Bunmathan. Striker veteran itu kemudian mencetak gol keduanya dari titik putih. Kedudukan 2-0 bagi kampiun AFF enam kali mengakhiri babak pertama.

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa turnamen Teerasil kemudian membantu rekannya Adisak Kraisorn untuk mencetak gol ketiga Thailand di awal babak kedua. Selanjutnya Suphanan Bureerat menutup kemenangan 4-0 di menit ke-63.

Angka penuh dari Filipina menjadi kemenangan kedua mereka, Thailand pun naik ke puncak Grup A.

Pelatih kepala Thailand Alexandre Polking tidak mengubah susunan tim yang mengalahkan Brunei DS 5-0 pada pertandingan pembukaan. Sementara bek sayap Simen Lyngbo dan gelandang Arnel Amita kembali menjadi starter untuk Filipina.

Butuh waktu kurang dari tiga menit bagi duet Theerathon Bunmathan dan Teerasil untuk mencetak gol pembuka Thailand saat kiriman bola mati kapten War Elephants ke kotak penalti ditanduk oleh striker veteran itu untuk gol ke-21-nya di Kejuaraan AFF.

Dipicu gol awal tersebut, sang juara bertahan mendominasi 45 menit pertama dan Kritsada Kaman mencetak gol dari bola mati Theerathon lainnya di menit ke-18, namun gol tersebut dianulir karena offside.

Dua menit kemudian, Bordin Phala memotong dari kiri dan membentur mistar gawang. Sesudahnya kiper Filipina Julian Schwarzer terpaksa melakukan penyelamatan refleks cepat untuk menggagalkan tendangan voli keras Suphanan semenit kemudian.

Ekanit Panya menerima umpan berkualitas lainnya ke dalam kotak dari Theerathon pada masa setengah jam laga, tetapi sundulan pemain sayap Muangthong United melenceng.

Tim berjuluk Gajah Perang mendapatkan gol kedua yang pantas di menit ke-41 setelah Ekanit dijatuhkan di dalam kotak oleh Amani Aguinaldo. Teerasil yang berusia 34 tahun mengirim Schwarzer ke arah yang salah dari tendangan penalti yang dihasilkan untuk menjadikannya 2-0 untuk kesebelasannya.

Teerasil menjadi penyuplai gol ketiga Thailand pada menit ke-57 saat ia mengontrol bola silang tinggi dari sayap kanan dengan sentuhan pertama yang indah dan mengumpankannya kembali ke mulut gawang untuk Adisak, yang mencetak gol pertamanya di AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.

Gol keempat datang pada menit ke-63 saat Bordin melewati para pemain bertahan ke dalam kotak hanya untuk disergap oleh lini belakang Azkals. Tetapi tidak ada jeda lagi bagi tim Josep Ferre, saat bola muntah justru jatuh ke kaki Suphanan membuat gol bergaya sontekan yang mudah.

Sarach Yooyen melepaskan tembakan melewati gawang terbuka pada menit ke-73 setelah pemain pengganti Poramet Arjvirai mencuri bola dari kiper Schwarzer, tetapi Filipina menghindari kerusakan lebih lanjut meski hanya menghasilkan sedikit serangan selama 90 menit.

Tim Polking sekarang akan bertandang ke Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (29/12). Thailand kembali difavoritkan berjumpa Vietnam di final nanti, yang demikian sudah tradisi piala ini.

Berita Lainnya
×
tekid