Pitana akan pimpin pertandingan pembukaan Piala Dunia

Pitana telah menjadi wasit internasional selama delapan tahun.

Pitana akan pimpin pertandingan pembukaan Piala Dunia Wasit asal Argentina, Nestor Pintana akan memimpin pertandingan pembukaan Piala Dunia antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi./fifa.com

Wasit asal Argentina, Nestor Pintana akan memimpin pertandingan pembukaan Piala Dunia antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi di Moskow pada Kamis (14/6).

FIFA menyebutkan sosok lain yang akan membantu Pitana di Stadion Luzhniki adalah dua kompatriotnya, Pablo Bellati dan Hernan Maidama. Sedangkan Sandro Ricci yang berasal dari Brazil dipersiapkan untuk menjadi ofisial keempat.

Sementara tim Video Asisten Wasit (VAR), yang digunakan di Piala Dunia untuk pertama kalinya, terdiri dari Massimiliano Irrati asal Italia (VAR), Mauro Vigliano asal Argentina, Carlos Astroza asal Chile, dan pria Italia Daniele Orsato.

Pitana telah menjadi wasit internasional selama delapan tahun, akan bertugas di Piala Dunia keduanya setelah memimpin empat pertandingan pada perhelatan kejuaraan Piala Dunia 2014.

Sementara tuan rumah Rusia mengikuti Piala Dunia sebagai peringkat terendah dari 32 tim yang berpartisipasi dalam turnamen. Mereka duduk di posisi ke-70 di peringkat FIFA sementara Arab Saudi tiga tempat di atasnya yakni di 67.

Rusia terakhir kali maju melewati babak penyisihan grup Piala Dunia 1986, ketika mereka menjadi bagian dari tim nasional Uni Soviet. Sementara penampilan Arab Saudi di babak 16 besar datang pada 1994.

Arab Saudi memenangkan dua pertandingan pemanasan sebelum kalah tiga kali berturut-turut, yang terakhir adalah kekalahan 2-1 oleh pemegang Piala Dunia Jerman.

Rusia terakhir memenangkan pertandingan internasional pada Oktober 2017, ketika mereka mengalahkan Korea Selatan 4-2 dalam pertandingan persahabatan.

Pertemuan kedua tim satu kali dalam pertandingan persahabatan, yakni pada 1993. Pada saat itu, Arab Saudi menang 4-2.
 


Berita Terkait