sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sama-sama gemilang, dua tuan rumah ke semifinal Piala Asia 2023 dan AFCON 2023

Babak tambahan 2x15 menit digelar. Tak ada gol hingga mendekati ujung pertandingan.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Minggu, 04 Feb 2024 17:04 WIB
Sama-sama gemilang, dua tuan rumah ke semifinal Piala Asia 2023 dan AFCON 2023

Perempatfinal paling indah. Dua tuan rumah melewati pertandingan sengit penuh ketegangan yang sangat dramatis untuk menapakkan langkah mereka ke semifinal. Qatar tuan rumah Piala Asia 2023 mengalahkan Uzbekistan melalui adu penalti 3-2 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Pantai Gading tuan rumah Piala Afrika 2023 menyusul jejak Qatar satu jam kemudian. Mereka menundukkan Mali 2-1 di babak tambahan pada menit ke-120+2.

Qatar vs Uzbekistan

Bermain di Al-Bayt Stadium di Al Khor, bunuh diri kiper Utkir Yusupov berhadiah gol Qatar di menit ke-27. Yusupov telah menjadi salah satu penjaga gawang paling mengesankan sepanjang turnamen. Tapi ia harus gagal pada saat yang paling penting -- membiarkan umpan silang dari Hassan Al-Haydos yang memantul dari bek lawan terlepas dari genggamannya dan merosot ke jaringnya sendiri.

Gelandang kanan tim tamu Odiljon Hamrobekov kemudian membalas dengan tendangan silang dari dalam kotak penalti di menit ke-59. Hamrobekov melaju dari lini tengah dan menerobos ke dalam kotak sebelum menembak melewati ujung jari kiper lawan Meshaal Barsham sebelum bersarang di sudut bawah.

Setelah itu, tidak ada tim yang mampu mencetak gol kemenangan bahkan dengan tambahan 30 menit perpanjangan waktu. Kendati Uzbekistan terlihat lebih berpeluang mencetak gol karena mereka melepaskan total 15 tembakan ke gawang, berbanding sembilan tembakan Qatar.
 
Laga ini harus ditentukan melalui adu penalti. Eksekutor kedua Rustam Ashurmatov berhasil dimentahkan Barsham, kiper Qatar. Penjaga gawang Yusupov mengimbangi situasi dengan menggagalkan upaya Almoez Ali.

Selanjutnya pemain Qatar Al-Mahdi Ali Mukhtar melepaskan tembakan liar melambung tinggi ke atas langit untuk memberi keunggulan 2-1 bagi tim Uzbekistan.

Meskipun demikian, pahlawan terakhir menunggu untuk tampil dan, sayangnya bagi Uzbekistan, itu adalah Barsham. Pemain berusia 25 tahun, yang baru setahun terakhir ini membuktikan dirinya sebagai kiper pilihan pertama Qatar, kemudian melakukan dua penyelamatan lagi dari Zafarmurod Abdurakhmatov dan Jaloliddin Masharipov.

Sponsored

Kekuatan mental yang berbicara. Barsham diam statis tidak bergerak dari tempatnya berdiri di garis belakang, menunggu eksekutor terakhir Uzbekistan, Masharipov, menendang. Tendangan itu tepat mengarah ke tengah gawang di mana Barsham akhirnya tersenyum sambil memeluk bola di sana.

Pedro alias Ró-Ró melepaskan tembakan penalti pemungkas yang sukses menunjukkan tim tuan rumah jalan ke depan. Semifinal Piala Asia 2023, Qatar menantang Iran, Rabu (7/2) mendatang. Sementara underdog Yordania menghadapi unggulan Korea Selatan. Pemenangnya akan berebut piala Asia.

Pantai Gading vs Mali

Sorotan selanjutnya beralih ke arah 9,3 ribu kilometer di sebelah barat lintas benua. Arena megah, Stade de la Paix di Bouaké dipenuhi 39,8 ribu suporter Pantai Gading.

Tuan rumah AFCON 2023 itu tertinggal dari tendangan pelintir berkelas Nene Dorgeles (71'), yang mungkin menjadi gol terbaik turnamen sejauh ini. Tim berjuluk Elephants menyamakan kedudukan tepat pada menit ke-90 melalui penyelesaian oportunistik Simon Adingra.

Babak tambahan 2x15 menit digelar. Tak ada gol hingga mendekati ujung pertandingan. Wasit asal Mesir, Mohamed Adel, tampaknya sudah berpikir akan meniup peluit akhir. Sampai tiba-tiba di menit 120+2 penyerang asal klub Prancis, Stade de Reims, Oumar Diakite tahu-tahu sudah membelokkan tembakan Seko Fofana untuk menerobos ke dalam jala.

Pantai Gading 2-1 Mali, selesai sudah. Di semifinal, Rabu (7/2), Elephants akan bertemu RD Kongo. Satu partai lainnya menempatkan Nigeria versus Afrika Selatan. Mereka selangkah lagi menuju trofi Benua Hitam.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid