logo alinea.id logo alinea.id

Sampaoli mengaku bertanggung jawab atas kekalahan Argentina

Hal itu dilakukannya di tengah banyaknya kritikan terhadap kesalahan kiper dan penampilan buruk kapten Lionel Messi.

Hermansah
Hermansah Jumat, 22 Jun 2018 17:37 WIB
Sampaoli mengaku bertanggung jawab atas kekalahan Argentina

Pelatih timnas Argentina Jorge Sampaoli mengambil alih tanggung jawab atas kekalahan memalukan 0-3 di di Piala Dunia dari Kroasia. Hal itu dilakukannya di tengah banyaknya kritikan terhadap kesalahan kiper dan penampilan buruk kapten Lionel Messi.

"Ini bukan tanggung jawab secara parsial, ini adalah tanggung jawab saya sepenuhnya," kata Sampaoli, setelah Argentina menelan kekalahan terbesar di fase grup Piala Dunia sejak 1958. Hasil pertandingan tersebut membuat Kroasia melaju ke 16 besar.

Argentina runtuh pada babak kedua setelah kiper Willy Caballero gagal membuang bola dengan baik dan Ante Rebic mengemas gol pertama Kroasia. "Tidak tepat menyalahkan Caballero," kata Sampaoli, yang terlihat bingung pada konferensi pers pascapertandingannya.

Sebenarnya Sampaoli berencana untuk memberi tekanan terhadap lawan. Namun setelah bencana di babak pertama, dia mengakui kalau secara emosional, Argentina telah kalah. Messi, yang dikharapkan bermain maksimal, ternyata hanya memberikan dampak minimal. Messi tidak mampu berkutik akibat penjagaan rapat Kroasia.

"Kekuatan penggerak kami adalah Leo. Namun  tim lain (Kroasia) juga bekerja untuk menghindari hal itu," tambah Sampaoli.

 Argentina kini harus berjuang keras untuk dapat menembus putaran kedua. Tersingkir di fase ini akan begitu memalukan bagi tim dengan level seperti mereka.

Argentina bermain imbang 1-1 dengan Islandia pada pertandingan pertama mereka, saat itu Messi gagal mengonversi penalti. Argentina selanjutnya akan menghadapi Nigeria, yang kalah dari Kroasia pada pertandingan pembukaan, pada pertandingan terakhirnya di Grup D.

"Kami memiliki satu pertandingan tersisa, dan kami harus mengambil peluang apapun yang diberikan kepada kami untuk melihat apakah kami dapat melaju ke putaran kedua," kata Sampaoli.

Sponsored