close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Laga kualifikasi putaran play-off leg pertama Indonesia melawan Tionghoa Taipei di Stadion Buriram, Buriram, Thailand pada Kamis (7/10) pukul 19.00 WIB. Sumber: Dokumentasi PSSI/Detik Sport.
icon caption
Laga kualifikasi putaran play-off leg pertama Indonesia melawan Tionghoa Taipei di Stadion Buriram, Buriram, Thailand pada Kamis (7/10) pukul 19.00 WIB. Sumber: Dokumentasi PSSI/Detik Sport.
Olahraga
Jumat, 08 Oktober 2021 00:24

Bungkam Taiwan, selangkah lagi Indonesia terkualifikasi Piala Asia 2023

Indonesia masih memiliki satu pekerjaan lagi untuk lolos kualifikasi Piala Asia 2023.
swipe

Timnas sepak bola Indonesia berhasil mengalahkan timnas sepak bola Tionghoa Taipei (Taiwan) dalam laga kualifikasi putaran play-off pertama antar kedua tim di Stadion Buriram, Buriram, Thailand pada Kamis (7/10) pukul 19.00 WIB. 

Dalam laga tersebut, skuat Indonesia binaan Shin Tae-yong berhasil menundukkan skuat Taiwan binaan Vom Ca-nhum dengan skor 2-1.

Menit pertama pertandingan dibuka dengan tendangan crossing dari sisi Taiwan yang berakhir pada offside. Gelandang penyerang Tionghoa Taipei Emilio Estevez mengeksekusi corner kick pada menit pertama dan kedua. 

Corner kick kedua sempat hampir menjadi umpan gol bagi sesama gelandang penyerang Li Mao, sayangnya terlalu tinggi untuk mencetak skor. 

Estevez sendiri mencoba mengeksekusi sebuah bobolan ke gawang Indonesia pada menit ketiga setelah duel antar tiga pemain, yang beruntung dapat dihalau oleh kiper Muhammad Riyandi.

Pelanggaran pada menit ke-8 merebahkan penyerang sayap kanan Indonesia Ramai Rumakiek di lapangan hijau Buriram untuk sesaat. ‘Hadiah’ free kick yang diberikan wasit Payam Heydari pada Indonesia sayangnya tidak mampu diubah gelandang tengah Evan Dimas menjadi sebuah gol. 

Evan Dimas mencoba menyerang gawang Tionghoa Taipei pada menit ke-10, tetapi digagalkan oleh kiper Shin-An Shih. Sepuluh menit pertama pun berlalu tanpa gol sama sekali, dan skuat Merah Putih masih kesulitan menembus pertahanan kuat Tionghoa Taipei.

Gol pertama Indonesia terjadi pada menit ke-19. Memanfaatkan umpan Evan Dimas, Ramai Rumakiek memanfaatkan kesempatan Shih Shin-An yang tengah maju untuk membobol gawang jagaannya. 

Pada menit ke-23, Taiwan mencoba melakukan serangan yang gagal menembus gawang Indonesia lagi. Babak pertama pun berlalu tanpa skor baru tercipta dan posisi Indonesia 1-0 Tionghoa Taipei.

Babak kedua dimulai dengan usaha Tionghoa Taipei mengisi pundi skornya tanpa hasil. Nampaknya, taktik kepungan yang diterapkan timnas Indonesia membuat para pemain Taiwan kesulitan. 

Gol kedua Indonesia pun dicetak pada menit ke-50. Memanfaatkan umpan dari penyerang sayap kiri Kushedya Hari Yudo, gelandang tengah sekaligus kapten Evan Dimas berhasil melayangkan gol ke gawang skuat pimpinan Wu Chun-Ching tersebut.

Indonesia sempat mengancam gawang Tionghoa Taipei kembali pada menit ke-78 dan ke-79, tetapi berhasil digagalkan. Pada menit ke-80, giliran Indonesia mendapatkan kesempatan corner kick yang dieksekusi oleh gelandang penyerang Egy Maulana meski belum dapat berubah menjadi gol.

Insiden sempat terjadi pada menit ke-88, di mana duel antara bek kanan Indonesia Asnawi Mangkualam dan gelandang penyerang Tionghoa Taipei Yi Hsu meninggalkan keduanya terluka. Meski sempat diprotes Shin Tae-yong, wasit tetap mengganjar Asnawi dengan kartu kuning.

Tionghoa Taipei berhasil memperoleh skor pada menit ke-90 serangan gelandang bertahan Hsu Heng-pin. Sayangnya, hanya itu satu-satunya skor yang diperoleh Tionghoa Taipei dalam pertandingan leg satu play-off antara kedua tim tersebut. 

Setelah penalti babak kedua selama lima menit, wasit Heydari meniup peluit panjang menandai berakhirnya pertandingan.

Dengan berakhirnya laga leg pertama tersebut, Indonesia masih memiliki satu pekerjaan lagi untuk lolos kualifikasi Piala Asia 2023. Leg kedua antara Indonesia dan Tionghoa Taipei akan dilaksanakan pada Senin (11/10) mendatang di Stadion Buriram, Buriram, Thailand. 

Jika berhasil, maka Indonesia akan bergabung bersama dengan 13 negara lainnya yang telah terkualifikasi untuk mengikuti Piala Asia 2023 di Tiongkok pada Jumat (16/6/2023) hingga Minggu (16/7/2023) mendatang. (Sumber: Pantauan langsung Vidio.com/Transfermarkt/Wikipedia)
 

img
Michael Jason Saputra
Reporter
img
Achmad Rizki
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan