logo alinea.id logo alinea.id

Southampton hentikan catatan tak terkalahkan Arsenal

Hasil itu sekaligus menghentikan catatan tak terkalahkan Arsenal yang sebelumnya telah berlangsung selama 14 pertandingan di Liga Inggris

Hermansah Senin, 17 Des 2018 02:20 WIB
Southampton hentikan catatan tak terkalahkan Arsenal

Southampton meraih kemenangan pertama mereka dalam 13 pertandingan terakhir dengan mengalahkan Arsenal 3-2 untuk laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion St Mary's, Southampton, Inggris, Minggu (16/12).

Hasil itu sekaligus menghentikan catatan tak terkalahkan Arsenal yang sebelumnya telah berlangsung selama 14 pertandingan di Liga Inggris atau 22 laga di seluruh kompetisi.

Danny Ings mengemas dua gol dalam kemenangan Southampton yang dipastikan lewat gol Charlie Austin tersebut, setelah Arsenal sempat menyamakan kedudukan lewat dwigol Henrikh Mkhitaryan, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Raihan tersebut sekaligus menjadi kemenangan perdana Southampton bersama pelatih anyar mereka, Ralph Hassenhuetl, yang telah mendampingi tim dalam dua pertandingan dalam upaya menghindari degradasi dari kasta tertinggi.

Tambahan tiga poin membuat Southampton meninggalkan zona degradasi dan naik ke peringkat ke-17 dengan koleksi 12 poin, sedangkan Arsenal (34) tertahan di urutan kelima.

Ings menjebol gawang Arsenal untuk membuka keunggulan Southampton pada menit ke-20 lewat tandukannya menyambut umpan silang nan terarah dari Matt Targett.

Namun keunggulan tersebut tak bertahan lama sebab Arsenal berhasil menyamakan kedudukan delapan menit kemudian lewat Mkhitaryan yang juga mencetak gol dengan sundulan, memanfaatkan umpan kiriman Nacho Monreal.

Arsenal sempat berpeluang untuk berbalik unggul pada menit ke-43 ketika Hector Bellerin melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti yang mengarah kepada Alex Iwobi maupun Pierre-Emerick Aubameyang, namun kiper Alek McCarthy keluar dari sarangnya demi mengamankan bola.

Sponsored

Semenit berselang, Southampton justru kembali memimpin lewat gol kedua Ings yang lagi-lagi berasal dari tandukan kepalanya, kali ini menyambut umpan silang dari Nathan Redmond.

Keunggulan 2-1 yang dimiliki Southampton saat turun minum kembali tak bertahan lama, sebab delapan menit memasuki babak kedua Arsenal menyamakan kedudukan lewat gol kedua Mkhitaryan.

Berawal dari keteledoran Oriol Romeu yang menguasai bola terlalu lama, Alexandre Lacazette berhasil merebutnya sebelum mengirimkan umpan kepada Mkhitaryan yang melepaskan tendangan tak terlalu kencang namun membentur kaki Jannik Vestergaard sebelum bergulir melewati jangkauan McCarthy.

Southampton sempat menyarangkan bola ke gawang Arsenal pada menit ke-76 ketika Shane Long menyambar bola muntah tandukan Maya Yoshida yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Bernd Leno, namun gol dianulir karena Long terlanjur berada dalam posisi offside.

Lima menit jelang waktu normal usai, Southampton kembali memperoleh keunggulan yang lagi-lagi lahir dari tandukan kepala, kali ini dicetak oleh Austin yang berdiri di area tiang jauh untuk menyambut umpan lambung dari Pierre Emile Hojbjerg.

Upaya keras Arsenal untuk mencetak gol balasan tak membuahkan hasil, termasuk peluang pamungkas yang diperoleh Matteo Guendouzi pada masa injury time namun bola tandukannya masih melambung di atas mistar gawang.

Susunan pemain menurut laman resmi Liga Inggris:

Southampton (3-4-2-1: Alex McCarthy; Jan Bednarek, Maya Yoshida, Jannik Vestergaard; Yann Valery, Pierre Emile Hojbjerg, Oriol Romeu, Matt Targett; Nathan Redmond (Shane Long), Stuart Armstrong; Danny Ings (Charlie Austin) Pelatih: Ralph Hassenhuetl.

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Stephan Lichtsteiner (ainsley Maitland-Niles), Laurent Koscielny, Granit Xhaka; Hector Bellerin (Alexandre Lacazette), Lucas Torreira, Matteo Guendouzi, Nacho Monreal; Henrikh Mkhitaryan, Pierre-Emerick Aubameyang, Alex Iwobi (Mesut Oezil) Pelatih: Unai Emery. (ant).