logo alinea.id logo alinea.id

Suporter rusuh, Indonesia kalah oleh Malaysia 2-3

Sejumlah suporter Timnas Indonesia melempari pendukung Malaysia dengan botol sembari meneriakkan ejekan.

Amaldin Fajar Hanantyo
Amaldin Fajar Hanantyo Jumat, 06 Sep 2019 03:54 WIB
Suporter rusuh, Indonesia kalah oleh Malaysia 2-3

Sejumlah suporter sepak bola Timnas Indonesia melempari pendukung Malaysia dengan botol sembari meneriakkan ejekan.

Pertandingan pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Tim Nasional Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9) malam.

Indonesia mencetak gol terlebih dulu melalui gol Alberto Goncalves pada menit 12 dengan memanfaatkan umpan terobosan Saddil Ramdani. Namun, tak lama berselang pemain Malaysia Sumareh menyamakan kedudukan pada menit 37.

Selang dua menit, Beto kembali membuat harapan untuk Indonesia dengan golnya pada menit 39. Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia sampai turun minum paruh pertama.

Suasana mulai tidak kondusif saat waktu rehat. Sejumlah suporter Indonesia melempari pendukung Malaysia dengan botol minuman sambil menyanyikan ejekan.

Memasuki babak kedua, Indonesia memiliki banyak peluang namun tidak dapat dimanfaatkan menjadi gol. Justru Malaysia berhasil mencetak dua gol masing-masing melalui Syafiq dan Sumareh.

Pertandingan di tengah babak dua sempat dihentikan akibat rusuh kedua suporter. Kali ini, lemparan botol semakin banyak. 

Terlebih, saat ada aksi oknum suporter Indonesia yang mengambil bendera Malaysia milik suporter tamu. Aksi itu membuat keributan menjadi lebih besar dan memaksa petugas berusaha mengamankan kejadian itu.

Sponsored

Dalam pertandingan ini Malaysia memenangkan pertandingan dengan skor 3-2.

Saat laga berakhir situasi menjadi semakin kacau, puluhan suporter Malaysia keluar dari stadion dengan kawalan aparat kepolisian.

Namun kericuhan makin memanas saat pendukung Timnas bertemu suporter Malaysia di tangga keluar stadion. "Sempat rusuh lagi, tadi ada gas air mata membuat mata saya merah," kata Ridzwan salah satu suporter Timnas kepada Aliena.id di lokasi.

Dengan kejadian ini Indonesia terancam mendapatkan sanksi dari FIFA dan tak memungkinkan untuk  mendapatkan pertandingan tanpa penonton di event pertandingan FIFA selanjutnya.