logo alinea.id logo alinea.id

Tim Setan Merah pecat Mourinho

Kekalahan atas Liverpool jadi pemicu keputusan MU menendang arsitek asal Portugal itu.

Christian D Simbolon Selasa, 18 Des 2018 19:24 WIB
Tim Setan Merah pecat Mourinho

Manajemen Klub Manchester United (MU) resmi memecat Jose Mourinho sebagai pelatih MU. Keputusan tersebut dikeluarkan manajemen MU setelah kekalahan telak tim Setan Merah atas Liverpool (3-1) pada lanjutan Liga Premier Inggris, pekan lalu. 

"Pihak klub berterima kasih atas kinerja Mourinho selama menjadi pelatih di MU dan berharap dia bisa sukses di tempat lain," tulis situs resmi MU seperti dikutip Guardian, Selasa (18/12). 

Mourinho, 55 tahun, mulai menukangi MU sejak 2016 dan membawa tim Setan Merah meraih sejumlah gelar, di antaranya juara Liga Eropa dan Piala Liga. Sejumlah pakar menilai, prestasi yang diraih MU di bawah Mourinho jauh dari standar tim sebesar MU. 

Meskipun musim ini jor-joran menggelontorkan 400 miliar poundsterling dan memboyong 11 pemain, MU saat ini hanya mampu bertengger di posisi 6 klasemen sementara. Tim Setan Merah terpaut 11 poin dari penguasa klasemen sementara, Liverpool. 

Sponsored

Dalam rilis resminya, manajemen MU juga menyayangkan pola permainan MU yang cenderung lebih defensif di bawah tangan Mourinho. "Klub juga meminta manajer baru untuk memahami filosofi klub, temasuk tradisi menyerang MU," tulis situs resmi MU. 

Menurut manajemen klub, pelatih interim bakal ditunjuk pekan ini sembari manajemen mencari calon pengganti Mourinho. Sejumlah nama dikabarkan bakal dirayu MU, termasuk di antaranya mantan penyerang MU asal Norwegia, Ole Gunnar Solkjaer, bekas pemain bertahan MU Laurent Blanc dan mantan pelatih Real Madrid Zinedine Zidane.