sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tumbangkan Peru, Brasil pertahankan supremasi

Kemenangan ini semakin memantapkan kedudukan Brasil di posisi nomor satu peringkat CONMEBOL untuk kualifikasi Piala Dunia 2022.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Jumat, 10 Sep 2021 13:35 WIB
Tumbangkan Peru, Brasil pertahankan supremasi

Timnas Brasil berhasil mempertahankan supremasinya di puncak peringkat CONMEBOL untuk kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada laga yang berakhir di Arena Pernambuco, São Lourenço da Mata, Brasil pada Jumat (10/9) dini hari,  A Seleção berhasil menundukkan Peru dengan skor 2-0. Kemenangan ini semakin memantapkan kedudukan Brasil di posisi nomor satu peringkat CONMEBOL untuk kualifikasi Piala Dunia 2022.

Brasil sempat melakukan kesalahan pada awal pertandingan. Pada menit pertama babak pertama, umpan terobosan Lucas Veríssimo malah berubah menjadi offside di kaki penyerang tengah Gabriel Barbosa. Brasil dan Peru sama-sama berfokus dengan pertahanan mereka sendiri pada menit-menit pertama pertandingan. Tercatat tidak ada gol yang tercipta di 10 menit pertama pertandingan.

Pada menit ke-14 babak pertama, gelandang penyerang Brasil Éverton Ribeiro berhasil memecah kesunyian dan memenuhi lapangan dengan teriakan “gol!” dari kaki kirinya di tengah kotak penalti. Enam belas menit kemudian masih tanpa skor, pendukung Peru harus kecewa dengan diberikannya kartu kuning pada bek tengah Ánderson Santamaría akibat pelanggaran.

Peru kembali mendapatkan kartu kuning pada menit ke-35 babak pertama, kali ini oleh Renato Tapia. Pada menit yang sama, gelandang penyerang Brasil Lucas Paquetá mencoba melakukan sundulan ke gawang Pedro Gallese, tetapi gagal. Neymar, yang dipercayakan melakukan free kick pada menit ke-30, kembali mengeksekusi tendangan bebas pada menit ke-38. Pada menit yang sama, Peru kembali memperoleh kartu kuning akibat pelanggaran Yoshimar Yotún.

Tidak butuh waktu lama bagi Brasil untuk menunjukkan kegagahannya lagi di lapangan hijau. Pada menit ke-40 giliran Neymar, sang mantan kapten timnas pada era 2018-2019 yang melepaskan tendangan ke gawang La Blanquirroja. Seakan berimbang, pesta Brasil terhenti empat menit kemudian ketika gelandang pertahanan Casemiro dihadiahi kartu kuning oleh wasit Wilmar Roldán. Babak pertama berakhir sesudah tiga menit penalti dengan Brasil mencetak 2 skor, sedangkan kantong skor Peru masih kosong.

Babak kedua dibuka dengan pergantian dua pemain Peru. Gelandang penyerang Christian Cueva dan bek tengah Ánderson Santamaría mendapat giliran duduk di bangku pemain, sedangkan gelandang sayap kiri Edison Flores dan bek tengah Christian Ramos turun ke lapangan menggantikan keduanya. Nampaknya Flores mencoba untuk langsung berkontribusi pada rekan-rekan setimnya. Namun sayang, percobaan tembakan kaki kirinya pada menit ke-3 babak kedua gagal meski sudah dibantu Gianluca Lapadula.

Rupanya Brasil kurang beruntung di babak kedua ini. Di menit ke-12 babak kedua, giliran sang gelandang penyerang Lucas Paquetá yang mendapat kartu kuning dari wasit Roldán. Kembali ke sisi Peru, Edison Flores rupanya belum menyerah. Sayang, percobaan tembakan sundulannya pada menit ke-14 babak kedua dari tengah kotak penalti gagal. Di menit yang sama dan satu menit berikutnya, Peru menurunkan Gabriel Costa dan Wilder Cartagena menggantikan Yoshimar Yotún dan Renato Tapia. Tiga menit kemudian, giliran wasit Adenor Leonardo Bacchi mengganti sang pencetak gol pertama Éverton Ribeiro dan bek kanan Danilo dengan bek kanan Dani Alves dan penyerang tengah Matheus Cunha.

Pergantian Yotún dengan Gabriel Costa rupanya tidak merubah arus pertandingan untuk menguntungkan Peru. Pada menit ke-18 pertandingan, Gabriel Costa memperoleh kartu kuning. Dua menit kemudian giliran rekan setimnya Christofer Gonzáles mendapat kartu kuning. Seakan tidak boleh bersukacita di atas penderitaan orang lain, giliran Brasil mendapatkan kartu kuning semenit kemudian karena ulah Gabriel Barbosa. Kartu kuning kembali didapatkan Brasil, kali ini oleh Neymar pada menit ke-90 pertandingan. Namun, pertahanan Peru pada babak kedua layak diacungi jempol. Hingga akhir pertandingan, Brasil tidak lagi berhasil membobol gawang Peru.

Sponsored

Pertandingan berakhir setelah lima menit penalti babak pertama. Brasil harus puas mencetak dua skor dari Peru, sedangkan Peru terpaksa pulang tanpa kemenangan malam itu. Namun, kemenangan tersebut mengukuhkan Brasil sebagai timnas dengan kedudukan tertinggi di peringkat CONMEBOL untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 per Jumat (10/9).

Berikut adalah susunan peringkat CONMEBOL untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 per Jumat (10/9).

1.Brasil (24 poin)
2.Argentina (18 poin)
3.Uruguay (15 poin)
4.Ekuador (13 poin)
5.Kolombia (13 poin)
6.Paraguay (11 poin)
7.Peru (8 poin)
8.Chili (7 poin)
9.Bolivia (6 poin)
10.Venezuela (4 poin)

 

Sumber: Transfermarkt

Berita Lainnya