Olahraga / Asian Games 2018

Wapres JK: Indonesia siap selenggarakan Asian Games

"Kami tadi mengambil kesimpulan, bahwa di Indonesia sudah siap untuk penyelenggaraan Asian Games."

Wapres JK: Indonesia siap selenggarakan Asian Games Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) menyalami atlet renang saat meninjau arena Aquatic di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/8). Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau Wisma Atlet Kemayoran dan sejumlah arena untuk mengetahui persiapan Asian Games 2018./Antara Foto

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. JK menyampaikan ini usai meninjau lokasi Wisma Atlet Kemayoran, termasuk Kali Item yang berada di belakangnya. Selain itu, JK yang didampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga sempat meninjau arena pertandingan (venue) di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat.

"Kami tadi mengambil kesimpulan, bahwa di Indonesia sudah siap untuk penyelenggaraan Asian Games, baik dari sisi venuenya, infrastrukturnya, maupun dari sisi penyelenggaraannya, INASGOC ( Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee), dan penyiapan atlet," ujar Jusuf Kalla di Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (3/8).

JK juga memastikan Kali Item, yang sebelumnya menjadi bahan gunjingan, tak lagi mengeluarkan bau tak sedap. JK dan Anies juga sempat memakan buah pisang di lokasi itu, untuk memastikan bau Kali Item tidak mengganggu.

"Inilah pesta olahraga yang paling masif, yang kita laksanakan, dan paling banyak kita bangun (infrastruktur) untuk itu, sehingga kita harap kesiapan itu akan memperlihatkan hasil yang baik dan memperlihatkan kebanggaan bangsa," ujar Wapres JK.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memasang jaring untuk menutup permukaan Kali Item, dan memasukkan serbuk deogone untuk mengilangkan bau. Menurut JK, upaya ini membuahkan hasil.

Anies tampak puas dengan apresiasi yang disampaikan Wapres. Anies juga mengatakan, dia dan JK sudah membuktikan bau tak sedap dari Kali Item sudah hilang. 

"Iya pak emang udah nggak bau, yang masih bau itu di medsos tapi kalau kalinya sudah nggak ada. Setelah itu bilang, "sini ambil pisang, saya coba, buktiin kalau sudah nggak bau"," kata Anies menirukan percakapannya dengan JK.

Mantan Menteri Pendidikan itu menuturkan, dia dan JK juga sempat meninjau venue yang berada di GBK. Rombongan juga sempat menyaksikan perubahan jalan di Bundaran HI. Perubahan yang dimaksud, adalah pencopotan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang diganti dengan pelican crossing. 

Menurut Anies, JK juga mengapresiasi perubahan tersebut. Wapres, kata dia, mengatakan suasana di Bundaran HI sudah beda.

Hal yang sama diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau penggunaan pelican crossing pada Kamis (2/8). Menurut Presiden, pelican crossing memberi kemudahan pada masyarakat, terutama yang memiliki keterbatasan untuk naik JPO, untuk dapat menyeberang. 

Selain itu, Jokowi juga mengatakan hilangnya JPO membuat kawasan Bundara HI menjadi lebih indah, karena tak ada lagi yang menghalangi pandangan pada Patung Selamat Datang.


Berita Terkait