logo alinea.id logo alinea.id

Bertarung strategi demi merebut suara pemilih di Pemilu 2019

Rata-rata strategi yang digunakan para kader atau partai politik untuk menggalang dukungan yakni dengan cara door to door.

Tito Dirhantoro Senin, 11 Feb 2019 18:40 WIB
Bertarung strategi demi merebut suara pemilih di Pemilu 2019

Untuk memenangkan pemilihan umum atau Pemilu 2019, para kader partai politik yang turut bertarung dalam pesta demokrasi, terutama di wilayah DKI Jakarta bakal habis-habisan menyiapkan strategi untuk menggalang dukungan dari masyarakat sebagai pemilih mereka.

Berdasarkan pantauan Alinea.id, rata-rata strategi yang digunakan para kader atau partai politik untuk menggalang dukungan yakni  caranya dengan berkampanye secara door to door. Meski zaman semakin canggih dengan hadirnya beragam teknologi baru, ternyata cara door to door masih menjadi pilihan utama.

Sebagai petahana, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan masih mengandalkan strategi door to door untuk menarik masyarakat. Strategi tersebut nyatanya juga digunakan oleh partai baru seperti halnya Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Menurut kader PSI yang maju sebagai calon legislatif DPR RI, Rian Ernes, strategi door to door digunakan pihaknya selain untuk mendongkrak elektabilitas dirinya sendiri, juga untuk memperkenalkan partainya yang masih berusia 4 tahun agar lebih dikenal publik.

Sponsored

Hal tersebut juga dikatakan kader Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera, juga penting. Pihaknya pun mengakui door to door  menjadi cara efektif untuk bertemu langsung kepada para calon pemilih. Melalui cara demikian, pihaknya bahkan menargetkan tak hanya memenangkan calon presiden yang diusung. Tetapi juga memenangkan di lingkup legislatif atau parlemen.

"Karena rata-rata semua orang berpikir cuma presiden saja yang harus dimenangkan, sementara parlemennya tidak. Padahal tidak ada manfaatnya kalau presiden menang tapi pendukungnya tidak menang," kata Mardani.

 

Cinta bersemi dari aplikasi

Cinta bersemi dari aplikasi

Jumat, 15 Feb 2019 12:59 WIB