logo alinea.id logo alinea.id

BPN ajak pendukung Prabowo-Sandi jadi saksi pemungutan suara

Aplikasi yang diluncurkan BPN Prabowo-Sandi bernama Relawan Adil Makmur.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Senin, 25 Mar 2019 09:38 WIB
BPN ajak pendukung Prabowo-Sandi jadi saksi pemungutan suara

Badan Pemenangan Nasional BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meluncurkan aplikasi berbasis internet untuk mencegah terjadinya kecurangan pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 yang akan berlangsung 17 April 2019 mendatang.

Direktur Saksi BPN Prabowo-Sandiaga, Prasetyo Hadi, mengatakan aplikasi yang diluncurkan pihaknya bernama Relawan Adil Makmur. Aplikasi itu merupakan upaya untuk mengawal pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian, memudahkan bagi masyarakat untuk melaporkan adanya pelanggaran pemilu di TPS.

“Dengan cara ini semua masyarakat pengguna smartphone dapat menjadi saksi di TPS,” kata Prasetyo Hadi berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Senin, (25/3).

Bagi pengguna android, kata Prasetyo, aplikasi resmi yang diluncurkan BPN itu sudah dapat diunduh melalui Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=www.dgeo.id. Sementara untuk pengguna iOS dan  perangkat lainnya, bisa mengakses situs di alamat https://adil.makmur.id. 

"Ini juga mudah untuk mendaftarkan diri kita menjadi saksi TPS," kata Prasetyo. 

Prasetyo mengatakan, nantinya setiap laporan yang masuk dari aplikasi tersebut akan dikelola oleh tim Direktorat Saksi BPN Prabowo-Sandi. Laporan itu kemudian ditindaklanjuti dan dicatat sebagai bukti pelanggaran pemilu.

"Imbauan kami kepada seluruh masyarakat khususnya jaringan relawan, simpatisan, dan pendukung Prabowo-Sandi, mari kita bantu kawal pemungutan suara dari kecurangan," kata politisi Partai Gerindra itu. 

Kepada seluruh pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prasetyo mengimbau, untuk mengakses situs yang telah diluncurkan tersebut.

Sponsored

"Mari gunakan perangkat kita untuk mengawal suara Prabowo-Sandi  dan tentunya, kami berterima kasih kepada seluruh rakyat, relawan, dan simpatisan Koalisi Adil Makmur," kata Prasetyo

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), telah lebih dulu meluncurkan aplikasi pemilu berbasis android untuk masyarakat. Aplikasi tersebut dapat diunduh di layanan playstore ponsel pintar atau smartphone dengan nama KPU RI Pemilu 2019.

Anggota KPU, Viryan, mengatakan aplikasi tersebut diluncurkan untuk memudahkan masyarakat sebagai pemilih maupun peserta pemilu mendapatkan informasi seputar tahapan pemilu. Untuk saat ini menurut Viryan telah tersedia tiga fitur yang dapat dimanfaatkan masyarakat antara lain ada tiga fitur di dalamnya, cek pemilih info kpu dan info pemilu 2019.

Viryan berharap dengan diluncurkannya aplikasi berbasis android ini, masyarakat tidak perlu repot lagi untuk mengetahui informasi pelaksanaan tahapan pemilu. 

“Kami sangat menyadari pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada pemilih dan peserta pemilu untuk itu kami sudah membuat aplikasi mobile,” tutur Viryan.