sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BPN: pencatutan nama Gatot spontanitas relawan 

Foto Gatot terpampang di baliho Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di Surakarta, Jawa Tengah.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Senin, 14 Jan 2019 19:14 WIB
BPN: pencatutan nama Gatot spontanitas relawan 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.263.299
Dirawat 160.142
Meninggal 34.152
Sembuh 1.069.005

Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ferry Mursyidan Baldan, angkat bicara perihal pencatutan foto mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo di salah satu baliho yang terpampang di Posko BPN Prabowo-Sandi di Surakarta Jawa Tengah. Menurut Ferry, pencatutan nama Gatot bentuk spontanitas relawan. 

"Spontanitas itu bagaimana kita larang. Itu bagian-bagian yang merupakan cara berekspresi. Ya, jangan terlalu serius," ujar Ferry kepada wartawan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin(14/1).

Ferry mengatakan, permasalahan pencatutan foto Gatot tak perlu dibesar-besarkan. Para relawan pun tak perlu disanksi karena ekspresi spontan mereka. "Ini cara orang macam-macam, jadi kita enggak bisa mengatakan bahwa itu hal yang salah. Semua kebebasan masing-masing. Kalau keberatan kan bisa dicopot," cetusnya. 

Di akun instagramnya @nurmantyo_gatot, Gatot mengunggah foto sebuah baliho yang dipampang di posko BPN Prabowo-Sandiaga di Solo, Jawa Tengah. Di baliho itu, tercantum foto Gatot bertopi loreng di pojok kiri atas. Foto pasangan Prabowo-Sandi mengisi bagian tengah baliho.

Sponsored

Gatot menegaskan, tak tahu bagaimana foto dirinya hisa terpasang di sebuah baliho capres-cawapres nomor urut 02. Ia mengaku tak pernah diberi tahu fotonya akan dipajang di baliho tersebut. Karena itu, ia meminta BPN menurunkan foto tersebut. 

"Saya nyatakan bahwa saya tidak tahu-menahu, tidak pernah dimintai persetujuan atau diberi pemberitahuan, baik secara lisan maupun verbal. Untuk itu, saya mohon agar foto saya diturunkan dari baliho tersebut secepatnya," kata Gatot, Minggu (13/1) lalu. 

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, TB Ace Hasan Syadzily turut sumbang suara terkait pencatutan nama Gatot. "Itulah yang sering kali dilakukan mereka, mengklaim orang lain mendukung, padahal sesungguhnya tidak menyatakan dukungan," ujarnya. 

Berita Lainnya

Netflix tayangkan film Geez & Ann

Kamis, 25 Feb 2021 19:48 WIB

Perpres 7/2021 perkuat penanganan terorisme

Kamis, 25 Feb 2021 19:58 WIB