logo alinea.id logo alinea.id

Cek fakta: Jokowi mengaku pernah ke kamp pengungsi Rohingya

Benarkah pernyataan Jokowi yang menyebutkan dirinya pernah menyambangi kamp pengungsi Rohingya di Cox's Bazar?

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 30 Mar 2019 23:37 WIB
Cek fakta: Jokowi mengaku pernah ke kamp pengungsi Rohingya

Menanggapi jawaban calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto terkait krisis di Rakhine State, capres nomor urut 01 Joko Widodo menyatakan simpatinya atas situasi memprihatinkan yang menimpa etnis Rohingya.

Jokowi mengaku sudah berkunjung ke kamp-kamp pengungsian di Cox's Bazar, Bangladesh, dan melihat sendiri kondisi para pengungsi Rakhine State

"Menteri Luar Negeri RI sudah ke sana, dan saya sendiri datang ke Bangladesh untuk melihat kondisi saudara muslim kita," kata Jokowi dalam debat capres ke-4 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

BENAR

Jokowi berkunjung ke Cox's Bazar untuk meninjau Indonesia Humanitarian Alliance (IHA)-The Dreamers Medical Camps pada 28 Januari 2018.

Usai berinteraksi dengan sejumlah pengungsi Rakhine State, Jokowi memantau kondisi sejumlah klinik pengobatan, farmasi, hingga pompa air yang berada di fasilitas kesehatan tersebut.

Dalam kunjungan pertamanya itu, Jokowi didampingi oleh Menlu RI Retno Marsudi.

Itu merupakan ketiga kalinya Menlu Retno datang ke Cox's Bazar setelah sebelumnya pernah berkunjung pada 20 Desember 2016 dan 3 September 2017.

Sponsored