logo alinea.id logo alinea.id

Daftar panelis debat terakhir Pilpres 2019

Para panelis berasal dari kalangan akademisi dan praktisi kampus.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Jumat, 05 Apr 2019 21:01 WIB
Daftar panelis debat terakhir Pilpres 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memilih 10 nama untuk menjadi panelis dalam debat kelima Pilpres 2019. Ke-10 nama itu telah dikonfirmasi KPU dan menyatakan bersedia menjadi penyusun soal debat pilpres. 

"KPU belum menentukan siapa panelisnya. Ini baru tahapan konfirmasi. Kami masih menunggu satu orang lagi, yang kami minta kesediaannya," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat,  Jumat (5/4).

Ke-10 nama ini berasal dari kalangan praktisi dan akademisi semisal Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Eddy Suratman, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) Suhartomo dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Herman Karamoy.

Ada pula nama dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Arif Mufrani, Dekan FEB Universitas Udayana I Nyoman Mahendra, dan Dekan FEB Universitas Andalas Hadir Amali.

Sponsored

"Guru besar ITB Darmawan Wibisono, dosen community development Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Tukiman Taruno Sayoga dan Direktur Eksekutif  Indonesia for Global Justice Rahmi Hertanti," ujar Wahyu.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan nama dua moderator dalam kelima yaitu presenter berita Balques Manisang dari TV one dan Tomy Ristanto dari Net TV. 

Debat putaran terakhir akan mempertemukan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada 13 April 2019 mendatang. Debat bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.