logo alinea.id logo alinea.id

Debat cawapres diprediksi membosankan tak saling serang

Debat kandidat calon wakil presiden yang digelar malam ini diperkirakan akan sejuk dan cenderung membosankan tanpa saling menyerang.

Sukirno
Sukirno Minggu, 17 Mar 2019 18:27 WIB
Debat cawapres diprediksi membosankan tak saling serang

Debat kandidat calon wakil presiden yang digelar malam ini diperkirakan akan sejuk dan cenderung membosankan tanpa saling menyerang. 

Pengamat sosial Vokasi Universitas Indonesia Devie Rachmawati menilai Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno adalah dua karakter yang berbeda. Sehingga, acara debat cawapres yang berlangsung malam nanti akan berjalan sejuk.

Devie menerangkan bahwa dalam sebuah debat biasanya menggunakan tiga pendekatan yakni klaim, menyerang dan bertahan. Namun dalam adat ketimuran, menurut Devie sangat jarang menggunakan klaim dan menyerang.

"Dalam konteks budaya timur, kita tidak akan banyak menggunakan pendekatan menyerang dan klaim. Klaim itu akan hati-hati karena akan dinilai sombong dan sebagainya. Kita lebih senang dengan suasana yang harmonis, saling menghormati kemudian, positif," kata Devie, Minggu (17/3).

"Saya justru percaya para calon akan melakukan hal tersebut. Karena dari jejak digital keduanya, mereka sama-sama selalu menyampaikan hal yang positif juga optimistis. Menurut saya nanti malam akan berjalan dengan sejuk," lanjutnya.

Devie juga mengatakan bahwa Ma'ruf akan mewakili orang tua dan kaum agamais. Sedangkan Sandiaga adalah gambaran anak muda yang enerjik.

Kedua karakter ini bisa dibilang sudah memiliki targetnya masing-masing. Menurut Devie, pesan komunikasi yang ingin disampaikan oleh para pasangan calon presiden berjalan dengan sangat baik.

"Mereka sama-sama start dari titik yang sama, beda usia memungkinkan keduanya untuk bicara dengan dua target penonton yang berbeda. Artinya memang tidak ada yang salah, karena calon presidennya juga menarget dua pemilih yang berbeda," jelas perempuan yang pernah belajar di Swansea, UK ini.

Sponsored

Devie menambahkan, "Jadi sebenarnya saya melihat ini sebagai strategi komunikasi yang baik. Mereka memang berbagi peran lah dalam komunikasi politiknya dengan debat nanti."

Kesiapan Ma'ruf dan Sandi

Sementara itu, Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, menghadapi Debat Capres ketiga, tampak santai di kediamannya di Jalan Situbondo Menteng Jakarta.

Pada Minggu siang, Ma'ruf Amin, terlihat ngobrol santai dengan istrinya, Wury Estu Handayani. Di kediamannya, juga terlihat beberapa anggota Tim Kiai Ma'ruf Amin (KMA) dan Paspampres.

Pada sekitar pukul 12.30 WIB, Ma'ruf Amin mengajak makan siang bersama dengan Tim KMA Masduki Baidlowi, Direktur Konten TKN Fiki Satari, Koordinator Media Monang Sinaga, dan Ajudan Ma'ruf AKBP Rudy Cahya.

Ma'ruf memilih makan dengan menu utama ikan bawal, sayuran, jus pepaya dan air putih. "Usai makan, Abah Ma'ruf ngajak kita berbincang-bincang santai berbagai hal. Tak ada pembicaraan persiapan debat," ujar Monang.

Setelah itu, lanjut menonton televisi yang saat itu sedang menyiarkan berita banjir bandang di Sentani. "Korban sampai 50 orang. Kita sampaikan keprihatinan. Semoga Pemda dan Tim SAR memberikan bantuan tanggap darurat yang terbaik untuk para korban," ucap Ma'ruf.

Hari ini memang Ma'ruf tidak memiliki aktivitas khusus, namun sejumlah kiai sepuh hadir untuk bersilaturahmi, sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada kesempatan terpisah, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno memohon doa dari kedua orang tuanya dan masyarakat menjelang debat cawapres yang akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3) malam ini.

Sebelumnya Sandiaga bersama istri, Nur Asia, ibunya Sandiaga, Mien Uno dan ayah Sandiaga, Henk Uno bersama keluarga dan masyarakat menunaikan salat Ashar berjamaah di Masjid At Taqwa di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan.

Kemudian masuk ke ruangan samping masjid berkumpul bersama keluarga dekat termasuk Habib Kwitang.

"Sebelum Berangkat ke Sultan (hotel) ada pamit sama orang tua sama ayah ibu sama juga para saudara di sini dan memohon doa agar dilancarkan," kata Sandiaga yang kemudian membaca doa "Robbi sohri sodri waya sirli amri wahlul udatal milisani yafkohu kaoli".

Dia mengungkapkan Mien Uno mendoakan ibaratnya seperti melepas waktu ujian saat mau masuk kuliah.

"Jadi tentunya sebagai orang tua mengharapkan yang terbaik," katanya. Sedangkan istrinya, Nur Asia akan menemaninya saat debat Sandiaga dengan Ma'ruf Amin.

"Pesan dari bu Nur lepas saja sopan dan tampil apa adanya sampaikan yang sudah diaspirasikan masyarakat," kata Sandiaga.

Dia mengungkapkan juga pasangannya capres, Prabowo Subianto waktu bertemu dua hari lalu menyampaikan "good luck, God with you".

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan rencana Debat Ketiga untuk Pemilu 2019 dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Debat ketiga cawapres diikuti cawapres no urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres no urut 02 Sandiaga Uno. (Ant).

Untuk menyaksikan live streaming debat kandidat, bisa disaksikan di sini: