sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Debat kedua soal energi, simak sejumlah masukan untuk capres

Kedua capres diharapkan tidak hanya mendalami salah satu tema dengan alasan tema tersebut merupakan fokus program kerjanya.

Debat kedua soal energi, simak sejumlah masukan untuk capres
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 563.680
Dirawat 80.023
Meninggal 17.479
Sembuh 466.178

Salah satu tema debat kedua pilpres antara calon presiden (capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan diselenggarakan minggu pekan ini adalah sumber daya alam dan energi. Publik berharap agar debat kedua lebih bernas yang menjadi ajang pendalaman visi misi kedua capres. 

Direktur eksekutif Perludem, Titi Anggraini menyarankan agar kedua capres tidak hanya akan mendalami salah satu tema dengan alasan tema tersebut merupakan fokus program kerjanya. Ia juga berharap agar kedua capres tidak bermain aman dan membahas program lebih rinci. 

“Jangan sampai misalkan paslon 02 lebih banyak bicara pangan karena memang fokus program mereka di sana. Nanti ketika bicara yang lain akan kembali lagi ke tema itu, lalu tema lainnya hanya bicara normatif,” kata Titi. 

Ia juga menekankan kedua capres tidak lagi berbicara normatif, dangkal terhadap kelima tema seperti debat pertama hanya untuk mendapatkan simpatik dari masyarakat. Menurutnya, selain konsep debat yang telah diubah, performa kedua capres juga sangat menentukan kualitas debat kedua yang lebih baik lagi.

Sponsored

Bagi Titi, dalam dokumen visi misi kedua paslon, Jokowi-Ma'ruf lebih fokus pada infrastruktur dan energi. Sedangkan Prabowo-Sandi memang fokus pada isu pangan, ekonomi dan harga. 

Ditambahkan Titi, memang tidak dilarang bagi kedua capres untuk membahas hal lain di luar tema. Kendati demikian, ia berharap kedua capres tidak terbawa oleh pembahasan yang diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat saja.
 

Geliat staycation pengusir penat

Geliat staycation pengusir penat

Jumat, 04 Des 2020 16:55 WIB
Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kamis, 03 Des 2020 16:21 WIB
Berita Lainnya