logo alinea.id logo alinea.id

Dukung Jokowi demi penuntasan Tragedi Trisakti

Jokowi diharapkan mampu menuntaskan kasus pelanggaran HAM berat di Tragedi Trisakti.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Senin, 04 Feb 2019 17:50 WIB
Dukung Jokowi demi penuntasan Tragedi Trisakti

Sekelompok orang yang mengatasnamakan Alumni Trisakti untuk Jokowi mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Alumni Trisakti untuk Jokowi Sarah Wijanarko mengatakan, dukungan diberikan karena Jokowi bukan bagian dari rezim Orde Baru.

"Kami harus berdiri berdampingan dengan calon yang tidak memiliki noda masa lalu yang terlibat rezim Orde Baru maupun tragedi pelanggaran HAM (hak asasi manusia)," kata Sarah di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/2).

Menurut Sarah, ia dan rekan-rekannya khawatir kasus-kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu bakal terlupakan jika bukan Jokowi yang menjadi presiden. Secara khusus, ia berharap, Jokowi bakal menuntaskan kasus pelanggaran HAM berat dalam Tragedi Trisakti pada 1998. 

Setidaknya ada empat mahasiswa Trisakti tewas dalam aksi unjuk rasa menuntut pembubaran rezim Orde Baru ketika itu, yakni Elang Mulia Lermana, Hafidhin Royan, Hendriawan Sie dan Heri Hartanto.

Sponsored

"Yang bertanggungjawab atas hilangnya (nyawa) empat mahasiswa Trisakti saat ini belum terungkap. Ini menjadi dosa terbesar pemerintah Orde Baru pada rakyat Indonesia," ujarnya. 

Sarah juga memuji sejumlah pencapaian pemerintah pada era Jokowi semisal pembangunan infrastruktur yang masif dan pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil. Jokowi juga dinilai tak pandang bulu dalam memberantas kelompok mafia yang 'berkuasa' di berbagai bidang. 

"Untuk negara kita tidak boleh coba-coba. Sekali salah menjatuhkan pilihan, maka lima tahun ke depan kita akan menanggung penderitaan," pungkas Sarah.