logo alinea.id logo alinea.id

Gerindra dan PDI-P kuasai dapil DKI 

Elektabilitas Gerindra dan PDI-Perjuangan (PDI-P) bersaing ketat di tiga dapil DKI Jakarta.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Senin, 11 Feb 2019 17:40 WIB
Gerindra dan PDI-P kuasai dapil DKI 

Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Gerindra dan PDI-Perjuangan (PDI-P) diprediksi bakal berjaya di tiga daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta. Hasil survei Charta Politika menunjukkan bahwa raupan suara Gerindra dan PDI Perjuangan dominan di dapil DKI I, II dan III.  

"Hampir di tiga dapil itu komposisinya dikuasai oleh Gerindra dan PDI Perjuangan. Coattail effect di DKI dari capres dan cawapres kemudian memengaruhi pilihan terhadap partai pengusung," ujar Direktur Riset Charta Politika, Muslimin saat memaparkan hasil survei di kawasan Jakarta Selatan, Senin (11/2).

Survei digelar pada periode 18-25 Januari 2019 dengan melibatkan 800 responden dari setiap dapil. Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan teknik wawancara tatap muka. Dalam wawancara, penyurvei menggunakan simulasi kertas suara. Margin of error tiap dapil sekitar 3,4%. 

"Sebenarnya menggunakan simulasi kertas suara jauh lebih real, dibandingkan dengan hanya sekadar menyebutkan nama-nama tanpa kertas suara," imbuh Muslimin. 

Di dapil DKI I Jakarta Timur, Partai Gerindra mendapatkan angka sebesar 12,8% dan diperkirakan bakal mendapatkan 2 kursi di parlemen. Sementara pesaing ketatnya Gerindra, PDI Perjuangan elektabilitasnya sebesar 12,5% dan diprediksi mendapatkan 1 kursi.

Di belakang kedua parpol itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menempel ketat dengan dengan elektabilitas sebesar 11,8% diikuti Golkar dan PAN  yang masing-masing diperkirakan mendapatkan satu kursi di DPR. "Sementara partai lainnya, tidak mendapatkan kursi," ujar dia. 

Di dapil DKI II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan di luar negeri, Partai Gerindra kembali unggul dengan memperoleh 26,6% dengan estimasi mendapatkan tiga kursi di parlemen. PDI Perjuangan dengan elektabilitas 22,6% diprediksi memperoleh dua kursi.

Di posisi ketiga dan keempat,  survei menunjukkan Partai Keadilan Sejahtera bercokol dengan elektabilitas sebesar 8,4% dan PKB dengan elektabilitas sebesar 5,0%. Masing-masing diestimasikan mendapatkan satu kursi. Sementara partai lainnya tidak mendapatkan kursi.

Sponsored

"Dapil DKI II, sampel kami hanya di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Jadi tidak termasuk sampel di luar negeri. Ada faktor teknis yang membuat kami kesulitan mengambil sampel di luar negeri," katanya. 

Adapun di dapil DKI III yang meliputi Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, PDI Perjuangan unggul dengan 27,0% dan diprediksi mendapatkan 3 kursi. Partai Gerindra menempel ketat dengan elektabilitas 20,1% dan diramal bakal mendapatkan 2 kursi. 

"Lalu, PAN elektabilitasnya 5,9%, Partai Golkar 5,5%, PKS 4,8%. Masing-masing memperoleh satu kursi," ujar Muslimin. 

Dari hasil survei tersebut, Muslimin mengatakan, Partai Gerindra diprediksi bakal mendapatkan 7 kursi, PDI Perjuangan 6 kursi, PKB 2 kursi, Partai Golkar 2 kursi, PAN 2 kursi dan PKS 2 kursi. 

Hellboy: Film superhero dengan banyak lubang

Hellboy: Film superhero dengan banyak lubang

Sabtu, 20 Apr 2019 19:01 WIB
 Prabowo dan halusinasi kuasa

Prabowo dan halusinasi kuasa

Kamis, 18 Apr 2019 20:53 WIB