sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Januari, PBB tentukan arah dukungan

Dukungan PBB bisa saja berbeda dengan arah dukungan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Rabu, 02 Jan 2019 20:02 WIB
Januari, PBB tentukan arah dukungan

Partai Bulan Bintang (PBB) hingga kini belum menentukan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bakal didukung di Pilpres 2019. Ketua Bidang Pemenangan PBB, Sukmo Harsono mengatakan, sikap resmi partainya baru bakal ditentukan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PBB, Januari. 

"Sikap resmi PBB sendiri apakah akan sama dengan langkah Pak Yusril (atau tidak). Itu akan diketahui saat mendengar pandangan dari para pengurus wilayah dan cabang saat Rakornas PBB bulan ini," kata Sukmo kepada wartawan di Jakarta, Rabu, (2/1).

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra saat ini tercatat sebagai kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Posisi Yusril di kubu Jokowi-Ma;ruf ini disebut menjadi penyebab riak-riak perpecahan di tubuh PBB. Beberapa waktu lalu, sejumlah tokoh Dewan Da’wah Islamiyah (DDI) Jawa Timur menyerukan agar PBB melaksanakan muktamar luar biasa untuk mengganti Yusril. 

Sukmo mengatakan, posisi Yusril sebagai kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf harus dibedakan dengan posisinya sebagai Ketum PBB. Lagipula, keputusan Yusril menerima pinangan Jokowi-Ma'ruf sudah dikomunikasikan ke seluruh pengurus partai. "Langkah tersebut sudah mendapat dukungan dari seluruh unsur pengurus dari pusat sampai daerah," jelasnya. 

Sponsored

Terkait dukungan capres dan cawapres, Sukmo mengatakan, umumnya perwakilan partai di tingkat provinsi menerima keputusan DPP PBB. Terlebih, saat ini caleg serta pengurus partai tengah memaksimalkan kampanye untuk meraih dukungan dari rakyat. 

"Agar PBB bisa mendapatkan fraksi baik di DPR RI maupun DPRD provinsi, kabupaten dan kota. Lolos tidaknya PBB karena kerja mesin partai dan bukan karena deal-deal politik," katanya. 


 

Berita Lainnya