sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Cek fakta: Jokowi bilang, Indonesia peringkat pertama wisata halal dunia

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut Indonesia menempati posisi nomor 1 wisata halal dunia. Benarkah?

Soraya Novika
Soraya Novika Sabtu, 13 Apr 2019 21:57 WIB
Cek fakta: Jokowi bilang, Indonesia peringkat pertama wisata halal dunia

Dalam debat pamungkas Pilpres 2019, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut Indonesia menempati posisi nomor 1 wisata halal dunia. 

"Kita tahu Indonesia baru-baru ini dinobatkan sebagai nomor 1 wisata halal dunia. Alhamdulillah sebentar lagi kita juga akan membuka Halal Park di GBK," ujar Joko Widodo di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4).

BENAR

Indonesia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal atau halal tourism terbaik dunia 2019 oleh standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Wilayah Tanah Air mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat pertama standar GMTI bersama dengan Malaysia dengan skor 78. Peringkat ini kemudian disusul oleh Turki yang berada pada peringkat ketiga dengan skor 75, lalu Arab Saudi dengan skor 72, Uni Emirat Arab dengan skor 71, dan lainnya.

Perhitungan skor tersebut dihitung berdasarkan aspek lingkungan seperti faktor keamanan, pelayanan atau jasa seperti pada tempat-tempat ibadah atau tempat tinggal, komunikasi seperti faktor bahasa, dan akses seperti infrastruktur transportasi.

Sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia, Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 pada 2015, ranking 4 pada 2016, ranking 3 pada 2017, ranking 2 pada 2018, hingga akhirnya menduduki peringkat 1 GMTI pada 2019.
 

Benarkah Indonesia peringkat pertama wisata halal dunia? / Mia

Sponsored