logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi mengaku senang jika Prabowo hadir pada pelantikannya

Dia juga mengajak capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk bersama membangun Indonesia.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Minggu, 30 Jun 2019 18:31 WIB
Jokowi mengaku senang jika Prabowo hadir pada pelantikannya

Calon presiden terpilih Joko Widodo, mengaku akan sangat senang bila Prabowo bisa hadir saat pelantikannya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat MPR di bulan Oktober nanti, meski yang berwenang mengundang Prabowo adalah MPR.

"Itu yang undang MPR, tapi saya dan Maruf Amin akan bahagia bila Pak Prabowo dan Pak Sandi datang," katanya. 

Jokowi sendiri akan terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan partai Koalisi Indonesia Kerja yang sejak awal mendukungnya, bila ingin melakukan rekonsiliasi dengan kompetitornya Prabowo Subianto. 

"Ya masih perlu waktu, karena saya pun harus mengajak berbicara untuk yang sudah ada di dalam yaitu Koalisi Indonesia Kerja," katanya, Minggu (30/6). 

Meski demikian, Jokowi menegaskan, sangat terbuka kepada siapapun yang ingin bersama-sama membangun negara. Dia juga mengajak capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk bersama membangun Indonesia.

"Kami menyadari Indonesia adalah negara besar. Indonesia tidak bisa dibangun hanya dengan satu orang, dua orang atau sekelompok orang. Oleh karena itu saya mengajak Pak Prabowo Subianto dan Pak Sandiaga Uno untuk bersama-sama membangun negara ini," kata Jokowi dalam sambutannya di kantor Komisi Pemilihan Umum.

Jokowi meyakini Prabowo dan Sandiaga adalah tokoh patriot bangsa. Dia menilai keduanya sama-sama menginginkan Indonesia yang kuat, sehingga semakin maju, adil, dan makmur.

"Terakhir saya mengajak rakyat Indonesia untuk melupakan perbedaan pilihan politik yang sempat membelah kita, 02 dan 01. Kita harus bersatu kembali menjadi Indonesia, menjaga Pancasila yang mempersatukan kita semuanya," kata mantan Walikota Solo dua periode itu.

Sponsored

Jokowi juga menegaskan akan mendedikasikan diri dan berjuang membangun bangsa bersama Ma'ruf Amin meneruskan upaya yang telah dibangun bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Ant)