logo alinea.id logo alinea.id

Klarifikasi TKN soal video tak ada dzikir di istana jika Ma’ruf kalah

Menurut TKN video tersebut merupakan acara internal yang biasa diselenggarakan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 19 Mar 2019 21:46 WIB
Klarifikasi TKN soal video tak ada dzikir di istana jika Ma’ruf kalah

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengklarifikasi terkait beredarnya sebuah video kampanye dari kubu calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, yang menyebut apabila Ma’ruf Amin kalah atau tak terpilih maka tidak akan ada lagi dzikir di Istana Negara dan Hari Santri Nasional.

Klarifikasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Direktorat Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Ade Irfan Pulungan. Menurut Ade, video yang beredar luas di media sosial itu adalah agenda internal yang biasa dilakukan oleh pihaknya. 

Video tersebut, kata Ade, juga diklaim bukanlah untuk konsumsi public. Karena itu, pihaknya mempertanyakan terkait tersebarnya video internal itu. Pihaknya pun bakal mencari orang yang bertanggung jawab karena telah menyebarkannya kepada public lewat media sosial.

“Kampanye hitam kepada siapa? Yang di situ kan sudah pendukung, itu kan forum internal. Bicaranya hanya untuk internal dan tidak untuk konsumsi umum. Makanya tidak ada media,” kata Ade di Gedung Dewan Pers Jakarta pada Selasa, (19/3).

Selain bakal mencari pihak yang menyebarkan video tersebut, Irfan mengatakan, pihaknya juga ingin mengetahui motivasi dan tujuan penyebar video tersebut. 

“Kami masih mempertimbangkan untuk mengusut penyebar video itu. Apakah mungkin di dalam forum internal ini dapat diduga adanya penyusup. Kami harus mengkrosceknya terlebih dahulu,” ujar Ade.

Mengenai kalimat jika tidak adanya dzikir di Istana dan juga Hari Santri Nasional yang diucapkan dalam video itu, menurut Irfan, hal tersebut hanyalah sebagai bentuk penyemangat kepada para pendukung Ma'ruf Amin. Menurut dia, video itu tidak bisa disamakan dengan kampanye hitam di Karawang, Jawa Barat seperti tuduhan kubu lawan.

Seperti diketahui, video berdurasi 1 menit 26 detik yang tersebar di media sosial menunjukkan sebuah forum kecil dengan cawapres Ma'ruf Amin bersama sejumlah orang berpakaian putih dan sorban di dalam ruangan.

Sponsored

Dari peserta forum, terdapat salah satu orang yang mengucapkan apabila Ma'ruf Amin tidak terpilih menjadi  cawapres tidak akan ada lagi dzikir di Istana Negara dan Hari Santri Nasional.