sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kontestan pemilu diminta jaga kualitas demokrasi 

Persaingan yang ketat tak seharusnya membuat para kontestan menghalalkan segala cara demi meraih kemenangan.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Rabu, 13 Feb 2019 14:45 WIB
Kontestan pemilu diminta jaga kualitas demokrasi 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta para kontestan Pemilu 2019--baik itu calon presiden dan calon wakil presiden maupun calon anggota legislatif--menjaga kualitas demokrasi. Menurut Bambang, persaingan yang ketat tak seharusnya membuat para kontestan 'gelap mata' dan menghalalkan segala cara demi meraih kemenangan. 

"Kami menaruh harapan kepada semua kontestan pemilu walaupun kita bersaing dengan sengit, namun kualitas demokrasi harus tetap dijaga," kata Bambang dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/2). 

Diakui Bambang, kontestasi elektoral kali ini lebih sulit dan rumit lantaran pilpres dan pileg dilaksanakan secara berbarengan. Namun demikian, kendala-kendala di lapangan karena sulitnya persaingan elektoral tidak boleh dijadikan alasan untuk menggelar kampanye fitnah dan kebencian. 

"Pemilu adalah kontestasi politik untuk memperbaiki segara perikehidupan bangsa dan harus menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan lompatan untuk mempercepat kemajuan," sambung politikus Golkar itu. 

Bambang menegaskan, pemilu merupakan salah satu ciri negara demokratis dan negara maju. Karena itu, pesta demokrasi harus berjalan lancar dan damai. Diharapkan, pada peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia tahun 2045, Indonesia bisa masuk dalam barisan 10 besar negara maju di dunia.

"Kalau itu bisa dilakukan kita bangga kepada anak cucu karena dalam satu abad merdeka, Indonesia akan menjadi bangsa maju, mandiri, adil, sejahtera dan dihormati bangsa-bangsa lain di dunia," ujarnya.

 

(Ant)

Sponsored