logo alinea.id logo alinea.id

KontraS: Debat pilpres cenderung jadi ajang hafalan

KontraS menyebut, debat ini hanya formalitas dan momen untuk mendulang suara.

Rakhmad Hidayatulloh Permana
Rakhmad Hidayatulloh Permana Sabtu, 12 Jan 2019 07:57 WIB
 KontraS: Debat pilpres cenderung jadi ajang hafalan

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menilai debat perdana calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang akan digelar Komisi Pemiluhan Umum (KPU) pada 17 Januari 2019 nanti, terlalu kompromis kepada dua pasangan calon.

"Kami menilai, dalam tahap persiapan pelaksanaan debat, KPU tidak mampu memenuhi ekspektasi publik. Sikap dan keputusan KPU cenderung kaku terhadap respons publik, namun akomodatif dan kompromis terhadap kedua pasangan calon," kata Koordinator KontraS, Yati Andriyani, Jumat (11/1).

Penilaian ini, lanjut Yati, bukan tanpa dasar. Pertama, setiap pasangan calon sudah menerima bocoran pertanyaan. Kedua, tak ada penyampaian visi misi. Ketiga, setiap pasangan calon dilarang membahas kasus yang bisa mempermalukan salah satu pihak.

Akibatnya, menurut Yati, proses debat hanya akan berakhir jadi diskusi normatif.

"Ketika penyelenggaraan debatnya hanya berisi sosialisasi dan menolak pembahasan yang sifatnya kasuistik dan kontekstual, maka akan sangat mungkin jawaban-jawabannya akan sangat normatif, retoris, dan bisa jadi akan cenderung bersifat hafalan," katanya.

Yati pun menyebut, debat-debat semacam ini nantinya tidak akan muncul implementasi kebijakan dari pasangan calon yang terpilih. Maka, kata Yati, KotraS tak punya ekspektasi tinggi dari manfaat debat capres-cawapres ini.

"(Debat) Ini hanya formalitas dan pelengkap. Bahkan, ini hanya momen untuk mendulang suara," katanya.

Rencananya, debat Pilpres 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. Isu debat perdana ini mengangkat masalah hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

Intimidasi terhadap PPP dalam Pemilu 1977

Intimidasi terhadap PPP dalam Pemilu 1977

Senin, 25 Mar 2019 21:10 WIB
Kabar hoax yang meresahkan jelang Pemilu 1955

Kabar hoax yang meresahkan jelang Pemilu 1955

Senin, 25 Mar 2019 14:26 WIB
Friend Zone: Humor dan cinta sepasang sahabat

Friend Zone: Humor dan cinta sepasang sahabat

Sabtu, 23 Mar 2019 12:00 WIB