logo alinea.id logo alinea.id

Kubu Jokowi-Amin siapkan 18 bukti hadapi Prabowo-Sandi di MK

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin resmi mendaftarkan sebagai pihak terkait pada sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Rabu, 12 Jun 2019 05:31 WIB
Kubu Jokowi-Amin siapkan 18 bukti hadapi Prabowo-Sandi di MK

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin resmi mendaftarkan sebagai pihak terkait pada sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sekretaris Tim Hukum TKN Ade Irfan Pulungan yang memimpin langsung penyerahan berkas ke MK mengatakan, selain mendaftarkan Tim Hukum TKN Jokowi-Ma'ruf menjadi pihak terkait, pihaknya menyatakan telah mempersiapkan bukti untuk membantah dalil yang diajukan pemohon yakni Tim Hukum Prabowo-Sandi.

"Bukti-bukti sudah ada, saat ini lebih kurang 18 bukti yang kami sampaikan. Itu juga sesuai dengan dalil-dalil dari permohonan pemohon paslon 02, apakah nanti bukti ini bertambah, kita lihat situasi dan perkembangannya," kata Irfan di Gedung MK, Selasa (11/6).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menegaskan, bantahan yang disampaikan pihaknya mengacu pada ketentuan regulasi yang ada di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan MK mengenai tidak adanya revisi terhadap permohonan pemohon.

"Jadi sampai saat ini kami melihat adalah yang kami sampaikan tentang dalil-dalil atau bantahan dari dalil-dalil yang disampaikan pemohon, kami sudah siapkan jawaban atau eksepsi untuk menolak revisi atau perbaikan permohonan dalil-dalil yang disampaikan oleh pemohon," tuturnya.

Kendati demikian, Irfan enggan membeberkan bantahan seperti apa akan diajukan untuk melawan dalil dari Tim Hukum Prabowo-Sandi. Ia mengatakan hal itu hanya akan disampaikan dalam forum persidangan.

"Berkaitan dengan argumentasi hukum yang kaitannya dengan materi permohonan. Kami tidak mau sampaikan atau debat di ruang publik. Kami akan sampaikan itu di forum persidangan resmi," katanya. 

Terkait penyampaian jawaban dari pihak Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf, Irfan menjelaskan, sesuai registrasi dan PMK disebutkan bahwa jawaban yang berkaitan dengan pemohon mesti dijawab selambat-lambatnya satu hari setelah sidang pendahuluan atau pada tanggal 15 Juni 2019.

Sponsored
Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Senin, 24 Jun 2019 22:15 WIB
Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Jumat, 21 Jun 2019 20:21 WIB