logo alinea.id logo alinea.id

LIPI bantah hasil survei memenangkan paslon 02

Hasil survei yang memenangkan paslon 02 berasal dari hasil survei Rumah Demokrasi.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 26 Mar 2019 12:09 WIB
LIPI bantah hasil survei memenangkan paslon 02

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membantah hasil survei yang memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. LIPI menegaskan tidak terlibat hasil survei tersebut. 

Kepala pusat penelitian politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor mengonfirmasi pemberitaan terkait hasil survei LIPI yang menyatakan elektabilitas Joko Widodo-Ma'ruf Amin 40,30%, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 45,45% dan responden yang tidak menjawab sebesar 14,25%.

Meski menghadiri diskusi bertajuk 'Migrasi Suara Pilpres 2019' bersama Peneliti LIPI Aisah Putri Budiatri namun Firman menegaskan kalau paparan hasil survei tersebut bukan berasal dari hasil survei LIPI. Sebaliknya, hasil survei yang disampaikan dalam diskusi tersebut adalah hasil survei Rumah Demokrasi. 

"LIPI tidak terlibat sama sekali di dalam proses penyampaian hasil survei tersebut," tegas Firman pada Selasa (26/3).

Sponsored

Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Usman Kansong menambahkan hasil survei yang dirilis Rumah Demokrasi berasal dari Sekjen partai idaman yakni Ramdansyah. Ia menyebut mengundang salah satu peneliti LIPI seolah-olah sebagai pembingkaian survei berasal dari LIPI.   

"Survei tersebut dibuat Rumah Demokrasi namun mengundang peneliti LIPI tapi dalam pemberitaan di sebuah media seolah-olah survei dibuat oleh LIPI," kata Usman. 

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Rabu, 17 Jul 2019 20:50 WIB
Jalan sunyi seorang perias jenazah

Jalan sunyi seorang perias jenazah

Selasa, 16 Jul 2019 18:23 WIB