sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ma'ruf Amin targetkan suara 60% secara nasional

Ma'ruf Amin memperkenalkan Program 3A yang mengusung akses untuk kemandirian masyarakat.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Kamis, 21 Mar 2019 10:20 WIB
Ma'ruf Amin targetkan suara 60% secara nasional

Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Ma'ruf menargetkan kemenangan 70% di Balikpapan, target yang sama dengan kemenangan nasional. 

Dalam acara silaturahmi bersama Jaringan kiai-santri Nasional (JKSN) dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan, Kalimatan Timur, Ma'ruf optimis perolehan suara tidak akan kurang dari 60%. Ia menjanjikan akan ada program ekonomi bagi masyarakat lewat Program 3A.

Adapun Program 3A yang dimaksud adalah akses untuk pintar, akses untuk cakap dan akses untuk bugar. Lebih rinci, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut menjelaskan kalau akses untuk pintar yaitu dengan membuka kursus kepintaran, seperti kursus matematika dan bahasa. 

Lalu, kursus akses untuk cakap yaitu kursus keterampilan. Ma'ruf juga menyebut adapula kursus kecakapan misalnya barista kopi,fotografer, kursus seni dan membuat roti.

Sponsored

Terakhir, kursus untuk bugar yaitu fokus untuk olahraga. Ma'ruf berharap masyarakat yang mengikuti pelatihan 3A tersebut memiliki keahlian dalam suatu bidang dan hidup mandiri.

"Kalau sudah lama, dapat sertifikat bisa buka usaha sendiri. Bisa bekerja jadi pengusaha sehingga menekan angka pengangguran," ucap Ma'ruf dalam keterangan yang diterima Alinea.id pada Kamis (21/3).