logo alinea.id logo alinea.id

Ma'ruf persiapkan mental hadapi debat

Ma'ruf terus berlatih bersama tim debat agar tidak grogi di panggung debat.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Jumat, 04 Jan 2019 14:41 WIB
Ma'ruf persiapkan mental hadapi debat

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengatakan, terus mempelajari materi debat perdana yang disiapkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. Selain materi, Ma'ruf juga mempersiapkan mental untuk menghadapi debat. 

"Mentalnya harus siap. Jangan kemudian tidak siap mental. Meskipun materinya cukup kalau mentalnya tidak siap bisa grogi," ujar Mar'uf di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/1).

Debat perdana antara pasangan capres dan cawapres bakal digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, 17 Januari mendatang. Debat perdana mengambil tema hukum, hak asasi manusia (HAM), dan terorisme. 

Meskipun tak punya pengalaman debat di panggung politik praktis, Ma'ruf optimistis bisa tampil baik. Apalagi, ia terus berlatih bersama tim debat TKN Jokowi-Ma'ruf.

"Perkara bahwa saya yang belum pernah pengalaman ikut debat itu bukan menjadi halangan. Saya suka berdebat. Di Majelis Ulama Indonesia  (MUI) juga suka berdebat, tapi tentu debatnya berbeda," jelas Ma'ruf. 

Ma'ruf akan tampil sebanyak tiga kali dalam debat. Selain debat perdana yang didampingi Jokowi, Ma'ruf bakal tampil sendiri di debat kedua berhadapan dengan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno pada 17 Maret 2019. 

Debat itu mengambil tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. "Khusus debat cawapres itu soal pendidikan, soal tenaga kerja, hingga sosial. Nah, itu mungkin yang harus saya perdalam," katanya.

Ma'ruf bakal kembali didampingi Jokowi pada debat terakhir. Namun, hingga kini KPU belum menentukan waktu dan lokasi debat. Debat terakhir bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri.

Sponsored