sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mahfud MD minta penyelenggara pemilu buka akses informasi pilkada

Keterbukaan itu penting karena menjadi bagian dari salah satu nilai negara demokrasi.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 09 Des 2020 17:39 WIB
Mahfud MD minta penyelenggara pemilu buka akses informasi pilkada
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.024.298
Dirawat 149.388
Meninggal 28.855
Sembuh 831.330

Menteri Koorrdinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD meminta kepada pemangku kewenangan penyelenggara pemilu untuk membuka akses informasi terkait Pilkada Serentak 2020. Tujuannya, untuk mencegah kegaduhan akibat munculnya disinformasi terkait pesta demokrasi ini.

"Nah di sini agar tidak terjadi keributan saya minta agar dibuka akses ke media massa, dibuka akses ke pemantau, dibuka akses ke quick count, buka aja yang penting tertib dijaga," tutur Mahfud, dalam konfrensi pers yang disiarkan di akun YouTube BNPB, Rabu (9/12).

Baginya, keterbukaan itu penting karena menjadi bagian dari salah satu nilai negara demokrasi. Di samping itu, keterbukaan juga memedam prasangka, dan fitnah yang timbul di masyarakat.

"Kan aturannya memang terbuka kan aturannya memang terbuka, papannya terbuka kecuali bilik yang menjadi rahasia bagi masing-masing. Tetapi ketika dihitung, ditabulasi dan sebagainya itu supaya terbuka dan silakan saja kalau ada mau buat quick count perhitungan cepat dari hasil itu juga jangan dilarang," tutur Mahfud.

Sponsored

Dia mengingatkan, kepada seluruh elemen akan pentingnya informasi. "Informasi itu bisa berupa berita yang benar, bisa berita-berita hoaks. Tapi kita bicara data. Datanya ketika sebuah berita berbunyi apa, datanya seperti apa. Itu kemajuan kita didalam bernegara," ucapnya.

Kendati demikian, Mahfud menekankan kepada penyelenggara pemilu dapat memberi akses informasi bagi wartawan dan juga masyarakat terkait data Pilkada Serentak 2020.

"Terkait dengan itu semua, izinkanlah," ujarnya.

Berita Lainnya