sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mahfud Md: Pemerintah siap gelar Pilkada 2020

Pemilihan rencananya berlangsung serentak di 270 daerah.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Jumat, 17 Jan 2020 14:52 WIB
Mahfud Md: Pemerintah siap gelar Pilkada 2020

Pemerintah menyatakan, siap menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pernyataan disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md, usai bertandang ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Jumat (17/1).

"Pada intinya, kita siaplah menyelenggarakan Pilkada 2020 yang berjumlah 270 (daerah). Insyaallah, aman dan lancar," ucapnya di Kemendagri, beberapa saat lalu.

Pilkada 2020 rencananya digelar di 270 daerah. Mencakup sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Mahfud melanjutkan, koordinasi antarlembaga penting dilakukan jelang pilkada serentak. "Untuk lebih memastikan kesiapan. Terutama Kemendagri sebagai penjuru utamanya," kata dia.

Pada kesempatan sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menerangkan, kunjungan Mahfud bertujuan mengetahui kinerjanya. Seperti dalam menjaga stabilitas politik.

Guna "memitigasi goncangan politik", Kemendagri mengundang sembilan sekretaris jenderal partai politik (parpol) yang lolos parlemen, beberapa waktu lalu. Rencananya dilanjutkan ke partai-partai guram.

"Partai politik yang tidak ada di Senayan, juga saya akan bertemu dengan para sekjennya. Untuk bangun silaturahmi," katanya.

"Dan diskusi dengan berbagai masalah politik dalam rangka untuk (Pilkada) 2020. Agar aman, tertib, lancar, sekaligus membangun sistem politik yang sehat," tutup Tito.

Sponsored
Berita Lainnya