logo alinea.id logo alinea.id

MK batasi pengunjung sidang gugatan Prabowo-Sandi

MK hanya menyediakan 15 kursi pengunjung untuk tiap kubu.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Selasa, 11 Jun 2019 15:21 WIB
MK batasi pengunjung sidang gugatan Prabowo-Sandi

Mahkamah Konstitusi (MK) akan membatasi jumlah pengunjung yang ingin menyaksikan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk Pilpres 2019 pada 14 Juni nanti. MK hanya bakal menyediakan 15 kursi pengunjung bagi kedua kubu yang bersengketa dan pihak terkait. 

Juru bicara MK Fajar Laksono menjelaskan, pembatasan pengunjung dilakukan demi memastikan sidang sengketa berjalan lancar. Ia khawatir jalannya persidangan bisa terganggu jika terlalu banyak pengunjung yang hadir di ruang sidang.

"Tadi juga diputuskan bahwa yang menyaksikan persidangan itu dibatasi masing-masing pihak itu 15 kursi maksimal," kata Fajar kepada wartawan di Gedung MK, Gambir, Jakarta, Selasa (11/6).

Untuk pengunjung yang tak kebagian kursi, Fajar mengatakan, MK sudah menyediakan layar kaca di Gedung MK. Jalannya sidang sengketa juga bisa disaksikan publik melalui live streaming.  

"Saya kira terbuka semuanya bagi publik. Hanya saya untuk kepentingan kelancaran persidangan, kita membatasi jumlah orang yang masuk ke ruang sidang," katanya. 

Fajar menyampaikan penanganan PHPU tahun ini relatif tak berbeda dengan penanganan PHPU untuk Pilpres 2014. Menurut dia, tidak ada perubahan mekanisme dan pengamanan sidang. 

"Intinya pengamanan yang dilakukan di MK ini semata-mata untuk memastikan dan menjamin sidang berjalan lancar. Jangan ada sesuatu hal yang menghambat dan mengganggu persidangan," ujarnya.

Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi mengajukan perbaikan permohonan gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 ke MK, Senin (10/6) lalu. Gugatan Prabowo-Sandi rencananya akan diregistrasi MK hari ini atau tiga hari sebelum sidang perdana digelar. 
 

Sponsored