logo alinea.id logo alinea.id

Paham unicorn, Jokowi rebut dukungan milenial

Elektabilitas Jokowi diyakini akan naik hingga 70% usai debat.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 18 Feb 2019 11:09 WIB
Paham unicorn, Jokowi rebut dukungan milenial

Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, melontarkan pertanyaan seputar unicorn pada rivalnya, Prabowo Subianto, dalam debat pilpres kedua yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam. Jokowi yang terlihat lebih fasih membicarakan unicorn, dinilai mampu merebut dukungan dari kaum milenial.

"Saya kira hari ini anak muda patut bangga memiliki Presiden Jokowi. Beliau mampu membahas soal unicorn," ujar Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas, usai menyaksikan debat capres putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam. 

Pernyataan Jokowi seputar ini, dinilai menjadi bukti bahwa Jokowi lebih paham dalam menghadapi tantangan industri 4.0 hingga level teknis. 

Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian meyakini, pernyataan Jokowi tersebut dapat mempengaruhi dukungan kaum milenial terhadapnya, terutama yang selama ini masih belum menuntukan pilihan (swing voters).

"Karena swing voters itu kebanyakan adalah generasi milenial yang cerdas, saya yakin dampak dari debat ini tentu saja akan cukup berpengaruh kepada mereka," ucapnya di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Jalan Pegangsaan Barat, Cikini, Jakarta Pusat.

Hal yang sama diungkapkan Sekretaris Jendral (Sekjen) Relawan Golkar Jokowi (Gojo), Elang Hidayat. Menurutnya, dalam debat kedua itu, Jokowi terlihat sangat mengerti persoalan kaum milenial. 

Hal ini berbeda dengan Prabowo yang dinilainya memiliki pengetahuan sangat terbatas tentang perusahaan rintisan (startup). "Kelihatan sekali prabowo disitu pengetahuannya tentang startup sangat terbatas, istilah yang dipakai juga keliahatan sangat terbatas, namun Jokowi sangat menguasai itu. Dan ini kedepan akan menjadi tantangan kita," katanya

Karena itu, dia optimistis akan terjadi peningkatan elektabilitas terhadap Jokowi usai debat kedua ini. Tak tanggung-tanggung, dia menyebut elektabilitas Jokowi akan naik hingga 70% pascadebat.

Sponsored

"Kalau melihat debat malam ini saya merasa yakin 70% swing voters itu sudah condong mengarah ke 01," ucap Elang.

Dalam debat Jokowi melontarkan pertanyaan seputar langkah Prabowo untuk mengembangkan infrastruktur guna mendukung unicorn di Indonesia. Unicorn adalah startup yang memiliki nilai valuasi hingga US$1 miliar.

"Yang Bapak maksud unicorn, maksudnya yang apa itu, online-online itu?" kata Prabowo. (Ant)