sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pasangan 02 sampaikan langkah politik setelah putusan MK

Sambil menunggu keputusan MK tersebut, Prabowo-Sandi dan pimpinan parpol koalisi akan berbicara tentang keputusan politik ke depan.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 27 Jun 2019 13:33 WIB
Pasangan 02 sampaikan langkah politik setelah putusan MK
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan menyampaikan langkah politik ke depan setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden 2019.

"Kami akan kumpul di Kertanegara IV, juga bicarakan langkah politik selanjutnya yang akan dilakukan Prabowo-Sandi bersama partai koalisi," kata Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Kamis (27/6).

Dahnil mengatakan Prabowo-Sandiaga bersama pimpinan parpol koalisi Indonesia Adil Makmur menggelar nonton bersama (nobar) putusan MK terkait sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019, di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Jakarta.

Sambil menunggu keputusan MK tersebut, Prabowo-Sandi dan pimpinan parpol koalisi akan berbicara tentang keputusan politik ke depan.

"Prabowo-Sandi akan memberikan pernyataan setelah hasil MK, tentunya sambil menunggu kuasa hukum, kemudian di sini ada para relawan, para jubir, dan banyak tokoh akan berkumpul di sini akan mendengarkan keputusan MK seperti apa," ujarnya.

Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budi Santoso memberikan sinyal bahwa Koalisi Indonesia Adil dan Makmur akan terbelah. Dia mengaku terdapat pihak yang sudah mengusulkan arah dari koalisi tersebut.

"Ada pikiran-pikiran yang berkembang, kemungkinan koalisi ini dapat diteruskan untuk melakukan langkah atau kekuatan penyeimbang yang konstruktif atau oposisi yang konstruksif," kata Priyo.

Priyo mengungkapkan, dirinya salah satu yang mengajukan opsi untuk Koalisi Indonesia Adil dan Makmur itu dapat menjadi oposisi pemerintah. Sebab, hal ini dapat membangun demokrasi yang kuat.

Sponsored

"Tetapi ada juga yang berikan dengan alasan pragmatis politik, ada pikiran pasrahkan kepada partai masing-masing, itu juga padangan tidak salah, opsi itu tersedia. Siapa tahu nanti Hakim MK memutuskan lain. Semua akan bergatung pada suasana yang diputuskan hakim nanti," ucap Priyo.

Prabowo-Sandiaga menggelar nonton bareng pembacaan putusan MK terkait PHPU Pilpres 2019 bersama pimpinan parpol koalisi di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta.

Pada kediaman Prabowo, pimpinan parpol koalisi yang sudah hadir, antara lain Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, dan Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. (Ant)

Berita Lainnya