logo alinea.id logo alinea.id

Pendukung 01 gagal iringi Ma'ruf Amin dengan selawat

Sejumlah pendukung 01 berencana untuk mengiringi Ma'ruf Amin.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Minggu, 17 Mar 2019 19:40 WIB
Pendukung 01 gagal iringi Ma'ruf Amin dengan selawat

Debat ketiga mempertemukan calon wakil presiden (cawapres) KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno akan berlangsung dalam beberapa menit lagi. Suasana di Hotel Sultan, Jakarta telah ramai sejak pukul 19.00 WIB di mana tamu undangan mulai banyak berdatangan. 

Pantauan Alinea.id, sejumlah pendukung cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin datang menggunakan pakaian putih bertuliskan 01 Jokowi-Ma’ruf dengan sorban, peci dan sarung. Sejumlah properti seperti robana juga turut dibawa, meski tidak diperbolehkan untuk dibawa masuk ke dalam ruang debat.

Salah satu dari rombongan bernama Irfan mengaku datang untuk mengawal kedatangan Ma’ruf Amin. Ia membeberkan rombongan diajak oleh Gus Ipang yang merupakan tokoh di salah satu pesantren di Jakarta Selatan.

Menurut Irfan, mereka merupakan murid Gus Ipang yang kemudian diajak untuk mengiringi Ma’ruf Amin dalam debat ketiga ini. Kendati demikian, mereka juga merupakan gabungan dari sejumlah perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Sponsored

“Kami 25 orang dari berbagai universitas di Jakarta Selatan diminta mengiringi Ma’ruf Amin,” tuturnya di Hotel Sultan, Minggu (17/3).

Irfan menjelaskan mereka sudah berkumpul sejak pukul 15.00 WIB di Hotel Sultan dengan atribut bertuliskan 01 Jokowi-Ma’ruf yang diberikan langsung oleh Ma’ruf Amin. Sayangnya, penantian untuk mengiringi Ma’ruf Amin tersebut tidak sesuai dengan rencana awal karena panitia tidak mengizinkan semua pengiring masuk ke dalam ruangan debat.

Sementara itu, kedatangan rombongan tersebut disoraki oleh sejumlah pendukung Prabowo yang ada di depan area pintu masuk. Namun rombongan pengantar dan undangan Ma’ruf Amin enggan untuk menanggapi sorakan itu.