sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

TNI-Polri siaga hingga Jokowi-Ma'ruf ditetapkan KPU

Para personel bakal ditugaskan untuk mengamankan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan mengawal para komisioner KPU.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 28 Jun 2019 15:38 WIB
TNI-Polri siaga hingga Jokowi-Ma'ruf ditetapkan KPU
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 257388
Dirawat 58788
Meninggal 9977
Sembuh 187958

Sebanyak 45 ribu personel gabungan masih akan dikerahkan untuk mengawal penetapan pasangan Jokowi-Ma'ruf sebagai capres dan cawapres terpilih. Menurut Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, para personel bakal ditugaskan untuk mengamankan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan mengawal para komisioner KPU. 

"Untuk hari Minggu perkuatannya cukup banyak. Sampai hari ini Polri dan TNI masih akan menerjunkan 45 ribu personel dengan perlengkapannya," kata Tito kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Jumat (28/6).

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, penetapan capres-cawapres terpilih bakal digelar di Gedung KPU, Ahad (30/6) nanti. Penetapan digelar lantaran Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 yang diajukan pasangan Prabowo-Sandi. 

Menurut Tito, situasi Ibu Kota saat ini masih tergolong aman pascaputusan MK. Namun demikian, Tito menegaskan, kepolisian bakal membubarkan aksi-aksi unjuk rasa yang melanggar hukum. 

"Kita juga tidak ingin melakukan kekerasan terhadap warga negara, tapi kalau melanggar hukum yang kami tindak perbuatannya," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Tito juga mengungkapkan apresiasi terhadap aksi unjuk rasa damai di area Gedung MK, Kamis (27/6) lalu. "Saya memberikan penghargaan terhadap masyarkat yang menyampaikan pendapat, dilakukan dengan tertib. Tidak melanggar hukum (dan) sesuai waktu. Pukul 18.00 (WIB) sudah bubar," kata dia. 

 


 

Sponsored
Berita Lainnya
×
img