logo alinea.id logo alinea.id

People power Amien Rais bukan sikap resmi PAN

Amien Rais mewacanakan people power jika menemukan indikasi pemilu dicurangi.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Senin, 29 Apr 2019 17:51 WIB
People power Amien Rais bukan sikap resmi PAN

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menegaskan, wacana people power yang disuarakan oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais ialah pernyataan pribadi. Pernyataan itu tidak merepresentasikan sikap resmi partai.

"Itu wacana pribadi Pak Amien. Bukan pernyataan resmi partai, apalagi keputusan koalisi. Saya secara pribadi menentang wacana people power itu," kata Bara Hasibuan pada diskusi bertajuk 'No People, No Power: Silaturahmi Politik Pascapemilu' di Jakarta, Senin (29/4).

Menurut Bara, pengerahan kekuatan massa atau people power sangat tidak tepat diwacanakan pada era demokrasi seperti sekarang ini. "People power dulu diwacanakan pada tahun 1998 untuk melawan pemerintahan rezim (otoriter). Situasi tahun 1998 dan saat ini sudah jauh berbeda," ujar dia. 

Bara juga menilai ada tudingan tidak berdasar terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga lembaga penyelenggara pemilu dan ada upaya menegasikan hasil hitung cepat lembaga survei.

Sponsored

"Ada tudingan yang menilai quick count tidak valid dan adanya wacana untuk menolak hasil penghitungan suara oleh KPU. Padahal, quick count biasanya valid. PAN juga berpandangan seperti itu," katanya.

Pada kesempatan yang sama, pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mengatakan, wacana people power disuarakan oleh Amin Rais dapat mengganggu kinerja KPU.