logo alinea.id logo alinea.id

Pilih Nuzulul Quran atau people power?

Pada 22 Mei 2019 adalah pengumuman resmi KPU yang direncanakan ada aksi massa people power bertepatan dengan Nuzulul Quran.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Selasa, 14 Mei 2019 04:29 WIB
Pilih Nuzulul Quran atau people power?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil penghitungan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 pada 22 Mei nanti. Rencananya, pada saat ini ada aksi massa people power yang bertepatan dengan Nuzulul Quran.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengimbau masyarakat untuk tidak menodai malam Nuzulul Quran, malam turunnya kitab suci Alquran, dengan tindakan yang tidak produktif seperti people power

"22 Mei itu Nuzulul Quran, dan jangan nodai hari turunnya Alquran dengan kegiatan-kegiatan yang kontra produktif, apalagi membahayakan kemanusiaan," kata Bambang di sela-sela acara buka puasa bersama di kediamannya di kawasan Widya Chandra, Jakarta, Senin (13/5). 

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menyarankan semua pihak menahan diri dan lebih baik mengisi malam Nuzulul Quran dengan hal yang positif.

"Sebaiknya di Bulan Suci ini kita laksanakan ibadah, dan tanggal 22 Mei, hari turunnya Alquran yakni bertepatan dengan tanggal 17 Ramadan, sehingga ayo kita hormati," katanya. 

Terkait adanya wacana people power, politikus Golkar ini mengatakan, masyarakat tak perlu cemas dengan hal itu. Sebab, kemungkinan terjadinya sangat kecil.

"Sebab tidak ada keadaan genting yang memaksa. People power bisa ada apabila dipenuhi seperti krisis ekonomi atau pemerintahanya otoriter. Sekarang itu tidak ada. Semua berjalan demokratis dan tidak represi dan tidak ada krisis ekonomi," katanya. 

Ajakan adanya people power diutarakan oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Tidak hanya Amien Rais, sejumlah pihak dari kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, juga menyerukan adanya people power saat pengumuman resmi hasil pemilu oleh KPU pada 22 Mei 2019.

Sponsored
Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Mencari keadilan tragedi kerusuhan 22 Mei

Minggu, 26 Mei 2019 02:15 WIB
Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Ambu: Konflik 3 generasi dan adat Suku Baduy

Sabtu, 25 Mei 2019 11:56 WIB