sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pilkada 2020, Polri kerahkan 2/3 kekuatan

Pemetaan kerawanan berdasarkan potensi konflik dan rekam jejak pilkada sebelumnya.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 23 Jun 2020 15:43 WIB
Pilkada 2020, Polri kerahkan 2/3 kekuatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 63749
Dirawat 30834
Meninggal 3171
Sembuh 29105

Polri akan mengerahkan 2/3 kekuatannya untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 pada 9 Desember. Jumlah pasti personel dan penempatannya masih dalam penyusunan.

"Pelibatan personel Polri dalam pengamanan pilkada serentak tersebut, adalah sebanyak 2/3 kekuatan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Awi Setiyono, dalam konferensi pers secara daring, Selasa (23/6).

Kepolisian juga masih memetakan kerawanan setiap wilayah untuk menentukan penempatan personel. Pengamanan akan dilakukan bersama dengan TNI dan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Terdapat beberapa indikator untuk menentukan tingkat kerawanan daerah. Meliputi dimensi penyelenggaraan, peserta pilkada, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), dan ambang gangguan.

Sponsored

"Di samping itu, pola pengamanan berkaitan dengan pemetaan kerawanan yang meliputi potensi konflik di daerah tersebut sehubungan dengan pelaksanaan pilkada sebelumnya," ucapnya.

Ditambahkan Awi, Polri juga akan melakukan pencegahan terhadap beberapa pelanggaran yang mungkin terjadi. Sebagaimana Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, banyak pelanggaran yang ditangani Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

"Beberapa yang menjadi perhatian dari pemilu dan kemungkinan terjadi saat pilkada adalah money politic, politik identitas, hoaks, hate speech, dan black campaign," ujarnya.

Berita Lainnya