sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pilkada Tangsel, Putri Ma'ruf Amin yakin didukung Prabowo

Kilahnya, diberikan dorongan saat bertemu pada 28 Desember 2019.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Rabu, 15 Jan 2020 18:54 WIB
Pilkada Tangsel, Putri Ma'ruf Amin yakin didukung Prabowo
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Putri Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, optimistis, didukung Gerindra dalam Pemilihan Kepala Daerah Tangerang Selatan (Pilkada) Tangsel) 2020. Lantaran ketua umumnya, Prabowo Subianto, memberikannya dorongan.

"Amin, ya. Mudah-mudahan didoakan, ya dan semangat. Beliau sebagai seorang politisi sebagai ketua partai, beliau senantiasa memberikan dorongan kepada siapa saja yang akan membangun bangsa ini. Termasuk saya," katanya di Kantor DPD Gerindra Banten, Kota Serang, Rabu (15/1).

Azizah menemui Prabowo di Jalan Kertanegara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 28 Desember 2019. Kehadirannya untuk meminta dukungan pada pilkada.

Dia juga telah bertandang ke elite dan pengurus partai lain. Seperti Hanura dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pun mengikuti penjaringan yang digelar delapan partai pemilik kursi DPRD Tangsel.

Mantan pegawai negeri sipil (PNS) pada Kementerian Agama (Kemenag) ini menambahkan, masih membangun komunikasi dengan beberapa pihak. Membahas tentang pasangan pada pilkada kelak.

"Komunikasi dengan siapa saja yang akan menjadi bakal calon wali kota. Membangun komunikasi yang baik," ucapnya.

Memiliki elektabilitas tinggi dan kesamaan visi-misi. Syarat yang dipatoknya dalam mencari pasangan.

Jika memenangi pemilihan, Azizah berjanji, akan memajukan daerah. Terutama pelayanan masyarakat.

Sponsored

"Upaya kita untuk maju tentu, adalah komitmennya adalah menang. Kami ingin Tangsel menjadi permatanya Banten. Kami ingin permata Tangsel ini kota yang maju dan berkelas dunia," tutupnya.

Untuk maju pada Pilkada Tangsel 2020 dari jalur partai, bakal calon mesti mengantongi dukungan 20 persen jumlah kursi di DPRD atau 25 persen total suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Terdapat 50 anggota DPRD Tangsel 2019-2024. Berasal dari sembilan partai. Golkar 10 kursi; Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masing-masing delapan kursi; Demokrat lima kursi; Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masing-masing empat kursi; Partai Amanat Nasional (PAN) dua kursi; dan Hanura satu kursi.

Sedangkan dari jalur perseorangan, bakal calon harus mengantongi 75 persen dukungan publik. Mengingat terdapat 948.571 pemilih Pemilu 2019, maka mesti mendapat 71.143 dukungan. 

Sokongan patut tersebar lebih dari 50 persen pada tujuh kecamatan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran calon independen sejak 11 Desember 2019-5 Maret 2020.

Berita Lainnya