logo alinea.id logo alinea.id

Tema pada debat kedua, cek faktanya

Alinea.id merangkum lima tema debat kedua yang pernah disinggung oleh paslon capres dan cawapres.

Nanda Aria Putra Selasa, 12 Feb 2019 14:35 WIB
Tema pada debat kedua, cek faktanya

Publik menaruh harapan tinggi pada debat kedua calon presiden (capres) dengan tema: energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang berlangsung pada Minggu (17/2). Masing-masing capres diharapkan menguasai substansi tema debat kedua agar persoalan yang dibahas dalam debat menemukan solusinya. 

Siapa yang diprediksi unggul?

Di atas kertas sebagai petahana Joko Widodo diuntungkan karena dianggap berpengalaman dan paham kondisi terkini. Prestasi yang paling terlihat terkait infrastruktur yang berhasil membangun jalan nasional sepanjang 2.650 kilometer (km) dan jalan tol baru sepanjang 1.000 km. 

Lainnya, keberhasilan Mantan Gubernur DKI Jakarta menguasai saham mayoritas PT Freeport Indonesia sebesar 51,3% oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

Meski begitu, semuanya bukan tanpa celah kekurangan. Dari pencapaian pangan, prestasi pemerintahan Jokowi tidak secemerlang membangun jalan. 

Jokowi masih berkutat bagaimana memacu produksi pangan yang jalan keluarnya ujung-ujungnya dengan impor. Harga pangan juga belum terbilang stabil, pada musim-musim tertentu produksi pangan bisa anjlok karena terkendala cuaca dan distribusi. 

Kekurangan Jokowi di sektor pangan inilah ditangkap calon wakil presiden (capres) Sandiaga Uno melontarkan pernyataan tipisnya ukuran tempe. Dalam pernyataan Sandiaga, tipisnya tempe karena tingginya harga bahan baku sehingga pengrajin tempe terpaksa mengurangi penggunaan bahan baku. 

Meski pernyataan Sandiaga ini menimbulkan kontroversi terkait kebenaran tempe setipis ATM. Namun mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut berhasil menyinggung soal harga pangan yang mahal. 

Sponsored

Sementara itu, gagasan capres dan cawapres nomor urut 02 soal infrastruktur dan energi cukup menarik. Misalnya saja, ide swasembada energi dengan memanfaatkan energi matahari menjadi listrik yang dimulai di instansi pendidikan seperti: pondok pesantren. 

Lalu, fokus pada Prabowo Sandiaga dengan membangun infrastruktur publik seperti: irigasi, air bersih, sampah dan pembangunan perumahan.

Soal air, Prabowo dan Sandi akan membangun bendungan, waduk dan embung untuk menjamin ketersediaan air bagi masyarakat. Sayang, soal sampah belum terjelaskan seperti apa akan dikelola.  

Alinea.id merangkum tema dalam debat kedua yang sempat disinggung capres Jokowi dan Prabowo, berikut dengan faktanya.   

 

Cinta bersemi dari aplikasi

Cinta bersemi dari aplikasi

Jumat, 15 Feb 2019 12:59 WIB