sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

TKN akui elektabilitas 01 sempat turun di Jateng

Kendati begitu, Jawa Tengah masih menunjukkan kekuatan yang sangat solid untuk Jokowi.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Minggu, 03 Feb 2019 15:25 WIB
TKN akui elektabilitas 01 sempat turun di Jateng
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

Elektabilitas Calon Presiden nomor 01 Joko Widodo sempat turun 2% di Jawa Tengah. Menurut Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi- Ma'ruf Amin Hasto Kristiyanto, hal itu akan memotivasi pendukung Jokowi agar bekerja lebih keras.

"Jateng ditargetkan mencapai 80%. Sempat terjadi penurunan 2%, dari 67% menjadi 65%, membuat kami harus bergerak bersama," kata Hasto di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/2).

Kendati begitu, Jawa Tengah masih menunjukkan kekuatan yang sangat solid untuk Jokowi. Namun perlu memberikan dorongan semangat lebih kepada seluruh tim pemenangan.

Hingga saat ini, TKN masih yakin elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin masih jauh mengungguli pasangan Prabowo- Sandiaga Uno.

Jokowi diperkirakan menang besar di Jawa Tengah karena merupakan basis PDI Perjuangan. Dalam Pemilihan Umum (Pilpres) 2014, PDIP mendominasi perolehan suara di Jateng. partai berlambang banteng moncong putih itu meraih 4.295.598 suara. Sedangkan di pilpres, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla mendapatkan 12,9 juta suara sah, dan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa mengantungi 6,4 juta suara sah.

"Kami sedang membangunkan semangat militansi," sebutnya.

Maka itu, penting membangun militansi dikalangan kader. Sebab, fitnah dan hoaks berinduk pada Obor Rakyat pada tahun 2014 diklaim berasal dari Tim Kampanye Prabowo.

Sebelumnya Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut elektabilitasnya di Jawa Tengah sudah naik lagi setelah sebelumnya sempat turun hingga dua persen.

Sponsored

"Empat minggu lalu, Jateng turun dua persen elektabilitasnya," kata Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato dalam acara Temu Silaturahmi Paguyuban Pengusaha Jawa Tengah dengan Calon Presiden Periode 2019-2024, di MG Setos, Semarang, Sabtu.

Merespons kondisi itu, Jokowi kemudian mengundang Tim Kampanye Daerah Jawa Tengah ke Jakarta untuk membahas strategi lanjutan.

Konsolidasi tersebut pada akhirnya membuahkan hasil ketika elektabilitasnya kembali naik. "Tapi setelah saya undang tim kita ke Jakarta sekarang sudah naik lagi," katanya.

Jokowi kemudian berharap dengan dukungan sekitar 1.500 pengusaha dari berbagai wilayah di Jawa Tengah yang hadir dalam pertemuan tersebut, elektabilitasnya kembali terdongkrak signifikan.

Mantan Gubernur DKI itu juga mengajak para pendukungnya yang hadir untuk menyebarkan semangat optimisme dan bukan pesimisme kepada masyarakat.

"Dengan pertemuan ini kita harapkan sebarkan optimisme sehingga angka yang ada sesuai yang ingin kita targetkan," katanya. (ant)

Berita Lainnya